Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Evaluasi Pengaruh Tentang Kerukunan Rumah Tangga Terhadap Pendidikan Anak


1.     Evaluasi Pengaruh Tentang Kerukunan Rumah Tangga Terhadap Pendidikan Anak                                       


Keluarga merupakan lingkungan pertama yang membentuk pribadi akan memberikan pengaruh besar dalam kehidupan individu saat ini dan kelak. Oleh sebab itu iklim keluarga harmonis akan menanamkan sikap positif yang dapat menuntun individu dalam menjani kehidupan dengan arif. Sikap positif harus dimulai dari paradigma yang berpusat pada prinsip hakiki sebagai peta penuntun pribadi kejalan hidup yang lebih bijaksana. Salah satu pembawa keluarga pada keharmonisan adalah kecerdasan spiritual, karena ia mampu menuntun pribadi kearah paradigma yang berpusat pada prinsip yang benar sehingga membuat iklim keluarga menjadi harmonis.
Kerukunan dalam keluarga atau rumah tangga merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menyempurnakan pertumbuhan psikis anak. Dengan memperoleh cinta dan kasih sayang sepenuhnya dari orang tua maka anak akan tumbuh dengan sempurna dan menjadi insan kamil. Demikian pula sebaliknya jika anak yang dilahirkan dan dibesarkan kurang mendapat kasih sayang dan perhatian orang tua maka anak itu akan tumbuh dengan sendirinya.Didalam keluarga sakinah anak-anak mendapatkan kasih sayang orang tua dengan sempurna, kerena dalam keluarga tersebut anak-anak tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang sangat baik yang penuh dengan perhatian dan kasih sayang sehingga mereka terhindar dari semua godaan yang datang dari pihak luar.
 Berdasarkan wawancara penulis dengan Bapak Rusli Penduduk Gampong Paya Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen dan menurut beliau memberikan kasih sayang sepenuhnya kepada anak-anak dan keluarganya dalam rangka penyusunan masyarakat dan negara, adalah sangat penting sekali. Rumah tangga bagi negara merupakan inti semisal bibit dari pohon. Bila bibit itu sehat dan terpelihara dengan baik, akan tumbuhlah pohon kuat dan sehat serta berbuah lezat dan sehat[1].
Menurut pengakuan Ibu Nurbaiti, Penduduk Gampong Paya Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen rumah tangga teratur rapi dengan diliputi oleh suasana mawaddah dan rahmah (cinta dan kasih sayang) pasti akan dapat mempertinggi mutu nilai penghidupan dan kehidupan masyarakat, yang berarti pula dapat memperkokoh terbinanya suatu negara yang adil dan makmur dan bahagia dengan tercapainya kesejahteraan ditengah masyarakat manusia. Sebab dari rumah tangga orang mulai mengenal adat, peraturan, kesopanan, dan undang-undang, hal inilah yang dipraktekkan oleh Penduduk Gampong Paya Kecamatan Kuala kabupaten Bireuen[2].



               [1] Hasil Wawancara dengan Bapak Rusli Masyarakat Gampong Paya Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen tanggal 27 September 2012.

               [2] Hasil Wawancara dengan Ibu Nurlaili Masyarakat Gampong Paya Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen tanggal 27 September 2012.