Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Donwload Contoh Proposal Rencana Usaha BUMG


Setelah sukses menjalankan prosedur pendirian BUMG yang menjunjung tinggi partisipasi warga maka tantangan BUMG selanjutnya adalah menentukan unit usaha. Penentuan unit usaha bukan sebuah keputusan yang bisa diambil satu pihak dan atas dasar suka atau tidak suka.

Sebuah usaha bakal menjadi pilihan BUMG dengan beberapa ketentuan, salahsatunya tidak boleh mematikan usaha milik perseorangan warga Gampong yang telah berjalan.

Usaha BUMG juga harus berbasis potensi lokal Gampong itu karena BUMG lahir sebagai lembaga yang akan mengolah potensi BUMG dan bukan lembaga swasta ekonomi yang hanya beorientasi profit semata.

Di sinilah tantangan BUMG, di satu sisi harus mencerminkan diri sebagai lembaga yang pendirian dan prosesnya didukung seluruh warga Gampong dengan menjadikan seluruh warga ambil bagian dalam proses pendiriannya.

Di sisi lain harus menjelma menjadi lembaga yang mampu mewadahi potensi dan aset yang dimiliki sebuah Gampong untuk dikembangkan menjadi kekuatan ekonomi Gampong tersebut. Contoh proposal rencana usaha BUMG menjadi sangat penting karena mendirikan usaha harus memiliki visi yang jelas menyangkut keberlangsungan hidup usaha tersebut.

Juragan Berdesa membagikan sebuah contoh proposal rencana usaha BUMG sebagai referensi Gampong-Gampong yang sedang berproses melahirkan usaha dalam BUMG-nya.

Selengkapnya: Donwload Contoh Proposal Rencana Usaha BUMG