Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tela’ah Kritis Implementasi Pendidikan Agama Islam


B.    Tela’ah Kritis Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam KTSP di SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen

Tela’ah Kritis Implementasi Pendidikan Agama Islam

Pendidikan agama Islam yang diajarkan di SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen merupakan pendidikan yang kompleks karena menyentuh keseluruhan ranah pendidikan. Pendidikan agama tidak saja menyampaikan materi pengetahuan agama kepada peserta didik tetapi juga membimbing anak didik untuk berperilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan agama yang mengedepankan nilai-nilai akhlakul karimah sebagai perilaku dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen. Waktu yang disediakan hanya dua jam pelajaran dengan muatan materi yang begitu padat, yakni menuntut pemantapan pengetahuan hingga terbentuk watak dan keperibadian yang berbeda jauh dengan tuntutan terhadap mata pelajaran lainnya.
Pada tingkatan SMP mata pelajaran Agama Islam diajarkan sejak satu sampai kelas Tiga Pelajaran ini berisikan keimanan, akhlak, al-Qur’an Hadits, ibadah dan tarikh. Dalam standar kompetensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang harus dikuasai siswa selama menempuh PAI di SMP, berorientasai pada perilaku afektif dan psikomotorik dengan dukungan pengetahuan kognitif dalam rangka memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Berdasarkan hasil pengamatan penulis pada SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen, bahwa dalam mengimplementasikan pelajaran PAI dalam KTSP di SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen, mereka belum bekerja maksimal, hal ini terlihat dari hasil pembelajaran yang mereka peroleh belum mencapai hasil yang maksimal.