Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tingkat Keberhasilan Siswa dalam Pendidikan Agama Islam


B.    Tingkat Keberhasilan Siswa dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen

Tingkat Keberhasilan Siswa dalam Pendidikan Agama Islam

Pada dasarnya, pengungkapan hasil belajar ideal meliputi segenap ranah psikologis yang berubah sebagai akibat pengalaman dan proses belajar siswa. Yang dapat dilakukan guru dalam hal ini adalah mengambil cuplikan perubahan tingkah laku yang dianggap penting yang dapat mencerminkan perubahan yang terjadi sebagai hasil belajar siswa, baik yang berdimensi cipta dan rasa maupun karsa. Kunci pokok untuk memperoleh ukuran dan data hasil belajar siswa adalah mengetahui garisgaris besar indikator (penunjuk adanya prestasi belajar) dikaitkan denganjenis-jenis prestasi yang hendak diukur.
Berdasarkan hasil observasi penulis pada SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen, dan juga hasil wawancara penulis dengan guru PAI, dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen belum mencapai hasil yang signifikan. Akan tetapi mereka sudah sedikit lumayan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah.[1]


[1] Hasil wawancara dengan Ibu Zuraida, S.Ag guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen Tanggal 10 Juli 2011.