Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tuha Peut Punya Peran Penting Bagi Masyarakat

Tuha Peut Memiliki Peran Penting Bagi Masyarakat

Lembaga Tuha Peut (Tuha Peut) memiliki peranan sangat penting ditingkat Gampong, sebagai wadah bagi anggota masyarakat yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi pada penyelenggaraan pemerintahan Gampong.

" Tuha Peut diharapkan mampu menjadi lembaga yang mengendalikan berbagai pelaksanaan tugas pemerintahan Keuchiek, serta sebagai pengemban amanat dan pelaksanaan kebijakan di tingkat Gampong, sehingga berbagai program dan kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan dan berdasarkan pada rujukan RPJMG.

Selain itu, Tuha Peut juga memiliki kewenangan membentuk Qanun Gampong yang merupakan produk hukum tertinggi yang dibuat pada tingkat pemerintahan Gampong. Sedangkan kewenangan dengan produk hukum nantinya digunakan sebagai dasar hukum untuk menyelenggarakan pemerintahan di Gampong terutama pada penyelenggaraan otonomi Gampong.

Tuha Peut juga memilki kewenangan menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat yang ditujukan untuk memaksimalkan penyelenggaraan pemerintahan Gampong. Disamping itu, Tuha Peut juga memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan Gampong oleh Keuchiek berdasarkan kebijakan yang tertuang pada Qanun Gampong maupun peraturan perundangan.

Sedangkan peran Tuha Peut pada penyelenggaraan pemerintahan Gampong dapat dilaksanakan secara baik dan optimal tentu akan dapat dirasakan banyak manfaatnya.

"Secara fisik peran Tuha Peut akan menghasilkan berbagai kebijakan dan hasil pembangunan yang mampu mensejahterakan masyarakat.

Salah satu contoh peran mensejahterakan masyarakat, yakni Tuha Peut bersama Keuchiek merumuskan berbagai kebijakan serta mengalokasikan berbagai program dan kegiatan di Gampong sehingga terjadi perubahan kehidupan pada bidang ekonomi yang mengarah pada pencapaian kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan secara non fisik, peran Tuha Peut memberikan ruang bagi masyarakat untuk secara bebas dan bertanggung jawab menyampaikan aspirasi untuk selanjutnya ditindak lanjuti sebagai suatu kebijakan pemerintahan Gampong guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Gampong.

Sudah seharusnya Tuha Peut mampu berperan melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Tuha Peut dengan baik. Karena untuk melaksanakan Tupoksi, Tuha Peut dituntut dengan tanggung jawab dan jiwa pengabdian yang tinggi. Diharapkan juga peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang lingkup tupoksi yang dimiliki Tuha Peut.

"Orientasi ini juga sangat penting memberikan kepercayaan diri bagi Tuha Peut mengenai berbagai peran yang dilakukan, untuk selanjutnya turut serta pada penyelenggaraan pemerintahan Gampong.