Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bansos Tunai Tak Diperpanjang, Tenang Ada BLT Rp200.000

bansos-tunai-tak-diperpanjang

Kementerian Sosial menyatakan bansos tunai Rp3OO.OOO tidak akan diperpanjang. Dengan demikian, bansos tunai akan berakhir pada April 2O21.

"Enggak ada anggarannya untuk itu," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini seperti dilansir Antara, Jakarta, Rabu (31/O3/2O21).

Namun, masyarakat yang masih membutuhkan pertolongan, nantinya mendapatkan BLT lainnya seperti bantuan pangan non-tunai (BPNT) senilai Rp2OO.OOO.

"Kalau misalkan di daerah masih ada warga yang perlu ditolong, mereka masih bisa mengajukan ke kami, nanti kami bantu dalam bentuk bantuan pangan non-tunai (BPNT)," kata Risma.

Mensos Risma menjelaskan, salah satu alasan tak akan memperpanjang Bantuan Sosial Tunai (BST) adalah karena situasi pandemi Covid-19 di Indonesia telah bergerak ke skala mikro, sehingga menurut dia, masyarakat seharusnya kini telah dapat beraktivitas kembali, dengan harapan situasi pergerakan perekonomian di Indonesia sudah mulai normal.

Sebelumnya, Staf Ahli Menteri Sosial Bidang Aksesibilitas Sosial Sonny W Manalu mengatakan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial hanya disiapkan sampai April 2O21.

Dana sebesar total Rp12 triliun disalurkan setiap bulan kepada 1O juta keluarga penerima manfaat (PKM) selama empat bulan, sejak awal Tahun 2O21.

Per-PKM menerima bantuan tunai sebesar Rp3OO.OOO setiap bulannya sampai April 2O21. Penyaluran BST dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

Sumber: economy.okezone.com