Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar Bansos Covid yang Masih Cair Desember 2021

Pemerintah masih memproses pencairan bantuan sosial( bansos) buat kurangi beban warga di tengah pandemi covid- 19 pada Desember 2021. Total dana yang dialokasikan buat bansos ataupun perlindungan sosial sebesar Rp186, 64 triliun dalam program ekonomi nasional( PEN) 2021.
Daftar Bansos Covid yang Masih Cair Desember 2021


Pencairan bansos ini dicoba oleh beberapa departemen, mulai dari Departemen Ketenagakerjaan( Kemnaker), Departemen Desa, Pembangunan Wilayah Tertinggal, dan Transmigrasi( Kementerian PDTT), serta Kementerian Koperasi serta Usaha Kecil dan Menengah( Kementerian Koperasi dan UKM).

Berikut beberapa bansos yang cair pada Desember 2021:

1. Bantuan Langsung Tunai( BLT) Dana Desa

Wakil Menteri PDTT Budi Arie Setiadi berkata grupnya masih memproses pencairan BLT Dana Desa bulan ini. Bersumber pada informasi kepunyaan departemen, BLT dana desa baru dicairkan sebesar Rp67, 19 triliun.

Jumlah itu setara dengan 93, 33 persen dari total pagu yang menggapai Rp72 triliun. Dengan demikian, masih terdapat dekat Rp4 triliun yang wajib dicairkan supaya cocok dengan sasaran tahun ini.

Budi menguraikan BLT Dana Desa diberikan kepada 74. 926 desa di Indonesia. Jumlahnya telah nyaris memegang sasaran yang diresmikan, ialah 74. 961 desa.

2. BLT UMKM ataupun Banpres Produktif Usaha Mikro( BPUM)

Kementerian Koperasi dan UKM berkata sudah menyalurkan 100 persen BLT buat pengusaha wong cilik di Indonesia.

Dana itu diberikan kepada bank Tubuh Usaha Milik Negara( BUMN) buat disalurkan kepada penerima. Nantinya, bank pelat merah hendak mencairkan dana dari pemerintah serta memberikannya ke pelaku UKM.

Pencairan BLT UKM sendiri dicoba dalam 2 sesi. Sesi 1 terealisasi sebesar Rp11, 76 triliun kepada 9, 8 juta pelakon usaha mikro.

Setelah itu sesi 2 terealisasi sebesar Rp3, 6 triliun kepada 3 juta pelakon usaha mikro. Dengan demikian, total alokasi dana sebesar Rp15, 76 triliun telah cair 100 persen.

Nantinya, pelaku usaha mikro hendak memperoleh BLT sebesar Rp1, 2 juta. Jumlah ini lebih kecil dari yang diberikan tahun kemudian, ialah Rp2, 4 juta.

3. BLT Gaji

Kementerian Ketenagakerjaan hendak kembali mencairkan BLT gaji ataupun disebut pula bantuan subsidi upah( BSU) kepada pekerja bergaji di dasar Rp3, 5 juta per bulan.

Tiap- tiap pekerja hendak menemukan BLT sebesar Rp1 juta. Penyaluran hendak dicoba di sebagian daerah, semacam DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, serta Papua.

Sepanjang ini, pemerintah baru menyalurkan BLT gaji kepada 7, 16 juta pekerja.

Ketentuan BLT gaji tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 21 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 14 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berbentuk Subsidi Pendapatan/ Upah Untuk Pekerja/ Buruh Dalam Penanganan Akibat Corona Virus Disease 2019( Covid- 19).

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan Judul "Daftar Bansos Covid yang Masih Cair Desember 2021"