Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Daftar Bansos Online Tahun 2022 Lewat HP, Hanya 3 Syarat Dapat Dapatkan Bantuan PKH dan Kartu Sembako BPNT

Cara Daftar Bansos Online Tahun 2022 Lewat HP, Hanya 3 Syarat Dapat Dapatkan Bantuan PKH dan Kartu Sembako BPNTBerikut ini adalah cara daftar bantuan sosial atau bansos tahun pada tahun 2O22 online melalui handphone (HP), dilengkapi dengan syarat untuk dapat dapatkan bantuan program keluarga harapan (PKH) dan Kartu Sembako atau BPNT dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Masyarakat hanya perlu melengkapi 3 syarat untuk mendapatkan bantuan PKH atau Kartu Sembako Pada Tahun pada tahun 2O22 dari Kemensos, sebelum melakukan tahapan cara daftar bansos pada tahun 2O22 online melalui HP.

Untuk informasi lengkapnya, berikut ini syarat untuk dapatkan bantuan PKH atau Kartu Sembako BPNT dan cara daftar bansos Kemensos pada tahun 2O22 online.
Cara Daftar Bansos Online Tahun 2022 Lewat HP, Hanya 3 Syarat Dapat Dapatkan Bantuan PKH dan Kartu Sembako BPNT


Syarat-syarat daftar bansos PKH dan BPNT pada tahun 2O22

Sebagai bantuan regular dari Kemensos, syarat bansos PKH dan Kartu Sembako BPNT wajib mengikuti ketentuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Adapun 3 syarat DTKS Kemensos yang wajib dipenuhi calon penerima bansos PKH atau Kartu Sembako BPNT, antara lain:
  • Calon bansos PKH dan Kartu Sembako BPNT pada tahun 2O22 merupakan masyarakat yang terdampak Covid-19 atau kehilangan mata pencaharian karena pemutusan hubungan kerja (PHK).
  • Calon penerima bansos PKH dan Kartu Sembako BPNT pada tahun 2O22 tergolong masyarakat miskin/rentan miskin.
  • Calon penerima bansos PKH dan Kartu Sembako BPNT pada tahun 2O22 bukan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri.
Pada tahun pada tahun 2O22 ini, Kemensos menargetkan sebanyak 1O juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang memenuhi syarat untuk dapatkan bansos PKH.

Sementara itu, untuk bansos Kartu Sembako BPNT pada tahun 2O22, Kemensos menargetkan sebanyak 18,8 juta KPM.

Maka dari itu, masyarakat yang sudah memenuhi 3 syarat tersebut, segera daftar bansos PKH atau Kartu Sembako BPNT pada tahun 2O22.

Kemensos sejak tahun 2O21 sudah menyediakan cara daftar bansos online untuk dapatkan bantuan PKH atau Kartu Sembako. Di tahun pada tahun 2O22, cara daftar bansos online dapat juga dilakukan masyarakat.

Masyarakat terlebih dahulu melakukan pendaftaran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) secara langsung, sebelum memasuki tahapan cara daftar bansos online pada tahun 2O22. Berikut langkah-langkahnya.

Tahapan cara daftar bansos pada tahun 2O22 offline di DTKS Kemensos
  • Warga siapkan KTP dan KK, lalu melakukan pendaftaran langsung di kantor desa/kelurahan setempat.
  • Pihak desa/kelurahan selanjutnya akan memusyawarahkan data masyarakat, untuk diputuskan status kelayakan masuk DTKS Kemensos.
  • Hasil musyawarah lalu dimuat dalam berita acara yang ditandatangani oleh kepala desa/lurah dan perangkat desa lainnya.
  • Kemudian, berita acara tersebut akan diverifikasi dan divalidasi datanya oleh Dinas Sosial dengan instrumen lengkap melalui kunjungan rumah tangga.
  • Setelah itu, operator desa/kecamatan akan menginput data di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS).
  • Dinas Sosial selanjutnya akan memproses data untuk diverifikasi dan divalidasi, lalu dilaporkan kepada bupati/wali kota.
  • Kemudian, bupati/wali kota akan menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data yang telah disahkan kepada gubernur, lalu diteruskan kepada menteri.
  • Apabila data calon penerima bansos PKH dan Kartu Sembako sudah lengkap,Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan, dan kantor wali kota/kabupaten akan memproses data-data tersebut.
  • Untuk calon penerima bansos Kartu Sembako, akan dibuatkan rekening bank dan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
Tahapan cara daftar bansos pada tahun 2O22 online di DTKS Kemensos

Selanjutnya, masyarakat dapat melakukan cara daftar bansos online di DTKS Kemensos sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) PKH atau Kartu Sembako BPNT.

Melalui cara daftar bansos online, masyarakat dapat mengusulkan data diri di DTKS secara mandiri, tanpa menunggu pengusulan dari pemda.

Berikut ini merupakan cara usul mandiri bansos PKH atau Kartu Sembako pada tahun 2O22 online di DTKS.
  • Siapkan KTP, dan KK.
  • Siapkan HP, lalu unduh aplikasi Cek Bansos di Play Store.
  • Setelah itu, masuk di aplikasi Cek Bansos.
  • Lalu, pilih menu daftar usulan agar dapat dapatkan bansos PKH atau Kartu Sembako.
  • Kemudian, pilih tambah usulan, maka sistem selanjutnya secara otomatis akan mencocokkan nama, data NIK, data KK, status kesesuaian Dukcapil, dan kesesuaian pengusul sesuai data DTKS Kemensos.
  • Tahap terakhir, pilih jenis bansos Kemensos yang diinginkan, bantuan PKH atau Kartu Sembako BPNT.
Masyarakat yang resmi menjadi KPM PKH atau Kartu Sembako, dapat dapatkan bansos Kemensos tahun pada tahun 2O22 melalui Bank Himbara yang sudah ditentukan oleh Kemensos.

Adapun dana bansos PKH Kemensos pada tahun 2O22 sebesar Rp28,7 triliun, sedangkan Rp45,1 untuk bansos Kartu Sembako BPNT.

Untuk jadwal pencairannya, bansos PKH selama 4 tahap, sedangkan bansos Kartu Sembako BPNT cair setiap bulan selama 12 bulan.

Demikianlah informasi mengenai cara daftar bansos online pada tahun 2O22 dan syarat untuk dapatkan bantuan PKH atau Kartus Sembako BPNT dari Kemensos

Artikel ini Telah Tayang di depok.pikiran-rakyat.com Dengan Judul "Cara Daftar Bansos Online pada tahun 2O22 Lewat HP, Hanya 3 Syarat Dapat Dapatkan Bantuan PKH dan Kartu Sembako BPNT"