Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Siswa Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP Informatika

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan  praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan dan menyelesaikan persoalan.

Bidang-bidang pengetahuan infomatika dibagi menjadi: Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD),Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan  Praktika Lintas Bidang (PLB). Bidang pengetahuan inilah yang akan dipelajari bersama di buku siswa ini. Isi materi setiap bab terdiri atas konsep/materi/teori terkait bidang tadi dan aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan oleh siswa. Aktivitas ini ada yang individu dan berkelompok. Aktivitas ini juga ada plugged (membutuhkan komputer) dan unplugged (tidak memerlukan komputer). Harapannya siswa dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna. Materi dan aktivitas yang disampaikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan siswa kelas VII dan dikemas dalam bentuk yang menarik.



Bab 1 Informatika dan Keterampilan Generik

A. Informatika untuk Pelajar SMP

1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika?

2. Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?

3. Informatika dan Proil Pelajar Pancasila

B. Pengantar Keterampilan Generik

1. Bekerja dalam Kelompok

2. Mengomunikasikan Hasil Kerja

Bab 2 Berpikir Komputasional

Apa Itu Berpikir Komputasional?

A. Algoritma

B. Optimasi Penjadwalan

C. Struktur Data

D. Representasi Data

Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Pengenalan Antarmuka Pengguna

B. Folder dan File

1. Ekstensi File

2. Pengelolaan Folder

3. Pengelolaan File dengan Sistem Operasi Microsoft Windows

C. Peramban dan Search Engine

D. Surel

E. Aplikasi Perkantoran

1. Sejarah Perangkat Lunak Pengolah Kata

2. Pengolah Kata Mekanis

3. Pengolah Kata Elektromekanis dan Elektronik

4. Perangkat Lunak Pengolah Kata

Bab 4 Sistem Komputer

Pengantar Sistem Komputer

A. Perangkat Keras - Hardware

1. Perangkat Masukan (Input Devices)

2. Pemroses

3. Alat Output (Output Devices)

4. Peranti Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device)

5. Peranti Lainnya

6. Spesiikasi Perangkat Keras

B. Perangkat Lunak - Software

1. Sistem Operasi (Operating System)

2. Program Aplikasi

C. Interaksi Antarperangkat

Closed-Circuit Television (CCTV)

D. Permasalahan dan Spesiikasi Perangkat Keras

E. Bilangan Biner

1. Mesin Fax dan Modem

2. Menghitung lebih dari 31

3. Lebih Lanjut tentang Bilangan Biner

Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet

A. Pengantar Jaringan Komputer dan Internet

World Wide Web (WWW )

B. Koneksi Internet

1. Wireless LAN (Wi-Fi)

2. Tethering

C. Proteksi Data dan File

1. Cara Kerja Enkripsi

2. Caesar’s Cipher

Bab 6 Analisis Data

A. Mengenal Data

1. Apa itu Data?

2. Satuan Ukuran Data

3. Apa itu Analisis Data?

4. Apa itu Interpretasi Data?

5. Mengapa Perlu Analisis Data?

6. Kegiatan Apa yang akan Kalian Lakukan Terkait Analisis Data?

B. Perkakas Pengolah Lembar Kerja

1. Mengenal Perkakas

2. Worksheets

3. Freeze Panes

4. Cell References

5. Format Cells

C. Pengolahan Data Dasar

1. Fungsi Dasar

2. Fungsi Statistik Dasar

3. Logical Function

D Pengolahan Data Lanjutan

1. Sort

2. Filter

3. Data Validation

4. Share and Protect

E. Kasus Analisis Data Unplugged

Bab 7 Algoritma dan Pemrograman

A.Pemrograman

1. Mengapa Perlu Belajar Programming?

2. Bagaimana Belajar Programming?

3. Scratch

4. Membuat Akun

5. Mengenal “Universe” Scratch

B. Eksplorasi Fungsi Dasar

C. Robot Manual

Bab 8 Dampak Sosial Informatika

A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat

2. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi

B. Kolaborasi di Dunia Maya

C. Media Sosial

D. Informasi Pribadi dan Hukum Privasi

1. Hukum Privasi

2. Persetujuan yang Diinformasikan

Bab 9 Praktika Lintas Bidang Informatika

A. Pengembangan Artefak Komputasional

1. Starter Makey Makey: Bermain dengan Alat

2. Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey

B. Aktivitas Unplugged: Bermain Strategi