Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar DTKS Online 2022 Lewat HP Pakai KTP agar Dapat PKH, BPNT, hingga KIP Kuliah

Cara Daftar DTKS Online 2022 Lewat HP Pakai KTP agar Dapat PKH, BPNT, hingga KIP KuliahBerikut ini admin juragandesa.net akan membagikan informasi menarik terkait dengan Cara daftar DTKS online 2022 lewat HP hanya pakai KTP, agar dapat bantuan PKH, BPNT, hingga KIP Kuliah.

Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (Bansos PKH) adalah program pemerintah sudah mulai diluncurkan sejak tahun 2007.


Program Kartu Sembako yang sebelumnya BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai merupakan program bansos Kemensos yang bertujuan menciptakan ketahanan pangan bagi masyarakat miskin.


Bantuan Program Kartu Sembako akan disalurkan ke masyarakat dalam bentuk bahan pangan, diantaranya telur, beras, hingga bumbu dapur.

Sedangkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) merupakan bantuan pendidikan yang diberikan kepada pelajar yang nilai akademisnya baik, tapi terhalang biaya untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

Salah satu syarat yang wajib di penuhi oleh penerima Bansos tahun 2022 adalah telah terdaftar di DTKS.

Melalui data yang ada di DTKS ini nantinya pemerintah berharap agar bantuan sosial, seperti PKH, Bantuan Program Kartu Sembako, hingga KIP Kuliah akan tepat sasaran bagi penerima bantuan dan tidak ada lagi data ganda.

Sepanjang Maret tahun 2021, DTKS telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS.

Adapun fungsi New DTKS adalah memuat data terbaru penerima bantuan sosial (Bansos).

Dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Kemensos, data penerima bansos yang telah disalurkan dan atau masih dalam proses dapat diakses melalui aplikasi berbasis web Kemensos.

Cara Cek Penerima Bansos Kemensos

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk cek daftar penerima Bansos PKH 2022:
  • Kunjungi website https://cekbansos.kemensos.go.id
  • Setelah itu pilih provinsi, kabupaten/kota, kecataman, dan desa tempat Anda tinggal
  • Ketikkan nama Anda sesuai KTP
  • Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
  • Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
  • Lalu klik tombol cari
  • Sistem akan mencocokan Nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM), wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos
Sebagaimana diketahui bahwa, DTKS berfungsi agar memenuhi hak Informasi Publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bantuan sosial.

Dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, masyarakat yang terkena dampak akan kembali mendapatkan Bantuan.

Penerima bantuan sosial dari pemerintah merupakan keluarga yang terdaftar dalam Data Terpaduan Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Masyarakat tidak perlu khawatir jika belum terdaftar dalam DTKS. Bagi masyarakat miskin yang memenuhi syarat dan belum terdaftar di DTKS, bisa melakukan pendaftaran mandiri DTKS Kemensos.

Cara Daftar DTKS Tahun 2022

Saat ini, mekanisme Pendaftaran DTKS bisa dilakukan secara offline dan online, berikut cara pendaftaran lewat offline:
  • Masyarakat (fakir miskin) mendaftarkan diri ke Desa/Kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK.
  • Selanjutnya akan dilakukan Musyawarah di tingkat Desa/Kelurahan untuk membahas kondisi warga yang layak masuk ke dalam DTKS
  • Hasilnya akan ditampilkan Berita Acara yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Lurah dan perangkat desa lainnya
  • Berita Acara kemudian digunakan oleh Dinas Sosial untuk melakukan verifikasi dan validasi data dengan instrumen lengkap melalui kunjungan rumah tangga
  • Data yang telah diverifikasi dan validasi kemudian diinput di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh Operator Desa/Kecamatan
  • Data yang sudah diinput di SIKS akan diproses oleh Dinas Sosial untuk verifikasi dan validasi lapor kepada Bupati/Walikota
  • Bupati/Walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi Data yang telah disahkan kepada Gubernur untuk diteruskan kepada Menteri
Demi memudahkan akses pelayanan masyarakat, saat ini pendaftaran DKTS juga bisa dilakukan secara online:

Sebelum mendaftar DTKS secara online lewat HP, masyarakat terlebih dahulu mendaftar di kantor kelurahan sesuai domisili yang tercantum di KTP.

Setelahnya, masyarakat dapat mengajukan data diri lewat online di Aplikasi Cek Bansos.

Berikut ini merupakan cara daftar DTKS online lewat HP:
  • Unduh aplikasi Cek Bansos, Pengunduhan aplikasi “Cek Bansos” bisa dilakukan melalui PlayStore. Pastikan yang diunduh adalah aplikasi Cek Bansos resmi dari Kemensos.
  • Registrasi, Siapkan NIK KTP, dan KK. Setelah berhasil registrasi, Anda sudah dapat mengkses layanan menu pada aplikasi Cek Bansos.
  • Pilih menu daftar usulan untuk mendaftarkan diri, keluarga atau masyarakat yang sudah terdata di DTKS Kemensos untuk mendapat bansos PKH (BLT anak sekolah).
  • Pilih “tambah usulan”
  • Setelah itu sistem akan mencocokkan nama, NIK, KK, status kesesuaian Dukcapil dan kesesuaian pengusul sesuai data DTKS Kemensos.
  • Berikutnya, Anda tinggal pilih jenis bansos Kemensos, dan pilihlah PKH. Jika data Anda berhasil diusulkan, maka akan muncul nama, NIK dan status kesesuaian Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan pengusul KK.
Setelah mendaftar baik secara online mau pun offline, masyarakat tidak serta merta terdaftar menjadi penerima bantuan sosial.

Nantinya, pihak penyelenggara akan meninjau ulang untuk memilih masyarakat yang memang layak menerima bansos 2022.

Demikian penjelasan tentang tata cara daftar DTKS online lewat HP pakai KTP agar dapat PKH, BPNT, hingga KIP Kuliah 2022.

Artikel Ini Telah Tayang di depok.pikiran-rakyat.com Dengan Judul "Cara Daftar DTKS Online 2022 Lewat HP Pakai KTP agar Dapat PKH, BPNT, hingga KIP Kuliah"