Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ingin Mendaftar KIP Kuliah? Ini yang Perlu Dipersiapkan

Ingin Mendaftar KIP Kuliah? Ini yang Perlu Dipersiapkan

Ingin Mendaftar KIP Kuliah? Ini yang Perlu Dipersiapkan

Kondisi ekonomi sering kali jadi penghalang seorang untuk memperoleh pendidikan, terlebih lagi di jenjang perguruan tinggi. Salah satu strategi pemerintah untuk membuka peluang bagi mereka yang mau melanjutkan pendidikan yakni program Kartu Indonesia Pintar( KIP). Program tersebut berupa pembiayaan sebesar Rp 700. 000 per bulan yang disesuaikan dengan biaya hidup di masing- masing daerah.

Berdasarkan pedoman yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut ini syarat- syarat untuk menerima KIP:

1. Penerima KIP Kuliah merupakan Siswa Sekolah Menengah Atas( SMA), Sekolah Menengah Kejuruan( Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)), ataupun wujud lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan ataupun lulus 2( dua) tahun sebelumnya;

2. Mempunyai kemampuan akademik baik tetapi mempunyai keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;

3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui seluruh jalur masuk Perguruan Tinggi serta diterima di PTN ataupun PTS pada Program Studi yang sudah terakreditasi.

Setelah itu terkait keterbatasan ekonomi, penerima mesti menyertakan beberapa dokumen selaku bukti. Di bawah ini dokumen yang wajib disiapkan:

1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar( KIP); atau

2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan( PKH); atau

3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera( KKS), atau

4. Mahasiswa dari panti sosial/ panti asuhan, atau

5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang ataupun sama dengan kategori 4( empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial( DTKS)

Apabila tidak memenuhi salah satu ketentuan di atas tidak apa- apa. Minimal, penerima memenuhi persyaratan soal kondisi ekonomi keluarga. Adapun cara pendaftarannya ialah dengan membuka halaman http:// kip- kuliah. kemdikbud. go. id/. Registrasi juga bisa dicoba lewat aplikasi KIP Kuliah yang ada di Play Store.

Artikel ini telah tayang di nasional.tempo.co dengan judul “Ingin Mendaftar KIP Kuliah? Ini yang Perlu Dipersiapkan