Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PPATK Temukan Banyak Pejabat Negara Alirkan Uangnya ke Pacar, Makin Runyam Kalau Istri Sah Tahu

PPATK Temukan Banyak Pejabat Negara Alirkan Uangnya ke Pacar, Makin Runyam Kalau Istri Sah Tahu

PPATK Temukan Banyak Pejabat Negara Alirkan Uangnya ke Pacar, Makin Runyam Kalau Istri Sah Tahu

Komisi Pemberantasan Korupsi( KPK) angkat bicara terkait penemuan Pusat Pelaporan Analisis serta Transaksi( PPATK) terkait aliran uang lumayan besar dari pejabat negara, salah satunya diperuntukan kepada pacarnya.

Menanggapi itu, Deputi Penindakan KPK Karyoto menyebut lembaganya pasti terlebih dahulu untuk menelaah serta mengkaji atas penemuan PPATK tersebut.

Lantaran, kata Karyoto, KPK awal dalam pengusutan dugaan terdapatnya aliran uang terkait pencucian uang tentunya terlebih dahulu melakukan penindakan terkait adanya korupsi.

" Sebab apa yang di KPK ini hulunya dari tindak pidana korupsi setelah itu muaranya TPPU. Nah itu yang baru dapat kita proses penindakan," kata Karyoto di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis( 3/ 2/ 2022).

" Jika itu hanya sekedar tppu saja yang tidak berhulu pada tindak pidana korupsi pastinya kami juga tidak dapat menangani," imbuhnya

Karyoto memastikan lembaga antirasuah akan menindaklanjuti, apabila PPATK melaporkan dugaan aliran uang tersebut adanya dugaan awal terkait tindak pidana korupsi.

" Intinya memang kami siap apa bila bisa jadi nanti betul ada laporan yang bersifat untuk ditindaklanjuti dari PPATK kami akan menindaklanjuti," ungkap Karyoto.

Karyoto menyebut terkait informasi PPATK bukan cuma untuk diketahui oleh KPK. Pasti, ada pula informasi kepada penegak hukum lain.

" Makanya informasi intelijen yang diberikan oleh PPATK ini tidak cuma ke KPK ada juga mungkin ke Kejaksaan ada juga Mabes Polri," imbuhnya.

Diketahui, temuan adanya modus dugaan pejabat menyembunyikan uang ataupun aset dugaan hasil tindak kejahatan disampaikan oleh Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana ketika berada di DPR RI. Penemuan itu dimana penyelenggara negara mengalihkan uang lumayan besar kepada nominee ataupun diluar pihak keluarga semacam pacar.

" Temukan transaksi para pejabat negara yang uangnya dialihkan ke nominee semacam kolega, teman sampai dialihkan ke pacarnya pun juga kita temukan. Itu yang kami sebut selaku nominee," ucap Ivan di DPR, pada Senin( 31/ 1/ 2022) lalu.

Artikel ini telah tayang di www.suara.com dengan judul “PPATK Temukan Banyak Pejabat Negara Alirkan Uangnya ke Pacar, Makin Runyam Kalau Istri Sah Tahu