Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Risma Minta Bank Salurkan Bansos Langsung ke Rumah, Bulan Ini Harus Kelar!

Risma Minta Bank Salurkan Bansos Langsung ke Rumah, Bulan Ini Harus Kelar!

Risma Minta Bank Salurkan Bansos Langsung ke Rumah, Bulan Ini Harus Kelar!

Menteri Sosial( Mensos) Tri Rismaharini memohon bank penyalur bantuan sosial( bansos) jemput bola alias door to door mendatangi keluarga penerima manfaat( KPM). Dirinya memohon penyaluran tuntas pada pertengahan Februari ini.

Risma berkata ada keterbatasan kelompok lanjut usia sampai penyandang disabilitas untuk tersalur bansos. Alasannya mereka tidak mudah jika wajib datang ke kantor bank.

" Jika wajib mengumpulkan lanjut usia, penyandang disabilitas ataupun yang sakit, di satu tempat di kabupaten, ya berat. Makanya bank saya memohon untuk bergerak door to door mendatangi KPM," kata Risma dalam penjelasan tertulis, Senin( 7/ 2/ 2022).

Risma sudah meninjau percepatan pencairan bansos di beberapa posisi di Kabupaten Jombang pada Pekan( 6/ 2). Titik kunjungannya merupakan di Kantor Kecamatan Tembelang, Kantor Kecamatan Mojoagung, serta Kantor Kecamatan Ngoro.

Pencairan bansos yang dilakukan merupakan Bantuan Pangan Non Tunai( BPNT)/ Kartu Sembako Reguler, BPNT/ Kartu Sembako PPKM( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Warga) serta Program Keluarga Harapan( PKH). Di Kabupaten Jombang, lumayan banyak KPM yang disebut belum melaksanakan transaksi.

Risma menyebut di beberapa wilayah, bansos yang belum salur berkisar 15- 20%. Dari 21 kecamatan di Kabupaten Jombang, total KPM BPNT/ Kartu Sembako yang belum transaksi mencapai 13. 105 Kartu Keluarga Sejahtera( KKS), serta sebanyak 8. 825 KPM belum menerima bantuan.

Di Kabupaten Jombang, ada empat kecamatan di mana angka bansos yang belum cair di atas 1. 000 KPM, ialah Kecamatan Bareng, Kecamatan Mojowarno, Kecamatan Mojoagung, serta Kecamatan Ngoro. Dari penjelasan petugas terkait, penyebab tingginya angka bansos yang belum cair dapat bermacam- macam.

Untuk itu, Risma memohon dukungan seluruh pihak termasuk pemda memakai bermacam fasilitas yang membolehkan salur bansos mendekati lokasi tinggal KPM. Apakah itu Kantor Camat, Kantor Desa/ Lurah, ataupun sarana lain yang memungkinkan.

Risma menekankan berartinya peran pendamping sosial dalam mengakselerasi salur bansos. Selaku garda depan dalam menolong memastikan program untuk warga prasejahtera berjalan dengan baik.

Dalam kaitannya dengan percepatan salur bansos, Risma memohon pendamping juga tingkatkan inisiatif serta membantu memastikan percepatan salur bansos.

Artikel ini telah tayang di finance.detik.com dengan judul “Risma Minta Bank Salurkan Bansos Langsung ke Rumah, Bulan Ini Harus Kelar!