Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

BPNT Kartu Sembako Rp900.000 Cair April 2022 Tanggal Ini..

BPNT/Kartu Sembako sebesar Rp900.000 cair tanggal 4 hingga 21 April 2022 melalui Kantor Pos, segera cek nama penerima di situs cekbansos.kemensos.go.id.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial kembali mencairkan bansos BPNT/Kartu Sembako di bulan April 2022 untuk masyarakat miskin yang nama dan data diri terdaftar sebagai penerima bantuan di cekbansos.kemensos.go.id.

BPNT Kartu Sembako Rp900.000 Cair April 2022 Tanggal Ini..

Lantas, bagaimana cara cek nama penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT/Kartu Sembako) di cekbansos.kemensos.go.id? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.
  • Siapkan Kartu Tanda Penduduk atau KTP.
  • Akses di situs cekbansos.kemensos.go.id.
  • Lalu, melengkapi data diri sesuai KTP.
  • Mengisi alamat tempat tinggal secara lengkap yang meliputi, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.
  • Isi nama lengkap.
  • Isi 8 (delapan) huruf kode yang tertera dalam kotak kode.
  • Jika huruf kode tidak jelas, maka klik ulang kotak kode agar mendapatkan kode baru.
  • Kemudian, pilih dan klik tombol “Cari”.
  • Sistem akan mencocokan data KPM PKH yang meliputi nama dan wilayah yang diinput, kemudian membandingkan dengan nama yang ada dalam database DTKS Kemensos.
Seperti diketahui, BPNT/Kartu Sembako adalah bantuan regular Kemensos bagi masyarakat miskin yang sudah terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Sebanyak 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ditargetkan mendapat bansos Rp200.000/bulan atau Rp2,4 juta tahun.

Di bulan April, bansos BPNT/Kartu Sembako dirapel untuk April, Mei, dan Juni, sehingga akan cair sebesar Rp600.000.

"Jadi untuk tiga bulan ke depan diberikan untuk April sekaligus. Sehingga mereka yang mengalami kejutan inflasi tidak mengalami kontraksi yang berlebihan," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, seperti dikutip Pikiranrakya-Depok.com dari Antara.

Tidak hanya itu, 18,8 juta KPM BPNT/Kartu Sembako juga mendapat tambahan bantuan berupa Bantuan Langsung Tunai atau BLT minyak goreng senilai Rp300.000.

BLT minyak goreng diberikan untuk bulan April, Mei, Juni Rp100.000/bulan, tetapi dirapel juga di bulan April.

Dengan demikian, KPM BPNT/Kartu Sembako bisa mencairkan uang bantuan Rp900.000 di April 2022 ini.

Muhadjir mengatakan alasan percepatan distribusi bansos sekaligus tiga bulan untuk menunjang daya perekonomian masyarakat menjelang hari raya.

"Karena itu, segera kita bantu, terutama untuk menyambut Idulfitri," ujarnya.

Maka dari itu, ia meminta agar percepatan penyaluran bansos BPNT/ Kartu Sembako tidak disalahgunakan oleh oknum tertentu demi keuntungan sepihak.

Misalnya mengklaim bahwa dia yang mengusahakan turunnya bansos, kemudian minta bagian dari yang diterima warga.

"Karena ini adalah untuk mereka yang tidak mampu. Jangan mencoba untuk mengambil hak mereka yang tidak mampu. Karena itu sangat tidak dibenarkan oleh ajaran agama maupun peraturan undang-undang," ujarnya.

Demikian informasi mengenai tanggal cair bansos BPNT/Kartu Sembako Rp900.000 di bulan April serta cara cek nama penerima bantuan menggunakan KTP di situs cekbansos.kemensos.go.id.***


Artikel ini sudah tayang di depok.pikiran-rakyat.com Dengan judul artikel” BPNT Kartu Sembako Rp900.000 Cair April 2022 Tanggal Ini, Login cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerimanya”