Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Minyak Goreng 1 Liter Hari Ini se-Indonesia April 2022, Minyak Goreng Kemasan Apa yang Sekarang Termurah

Harga Minyak Goreng 1 Liter Hari Ini se-Indonesia April 2022, Minyak Goreng Kemasan Apa yang Sekarang Termurah

Harga Minyak Goreng 1 Liter Hari Ini se-Indonesia April 2022, Minyak Goreng Kemasan Apa yang Sekarang Termurah
Sekarang ini banyak yang bertanya tentang harga 1 liter minyak goreng, harga minyak goreng naik, harga minyak goreng kemasan termurah hari ini tahun 2022, harga minyak goreng alfamart indomaret dalam jumlah besar dan harga 1 kg minyak goreng minyak.

Cek harga minyak goreng 1 liter di Indonesia hari ini untuk bulan April 2022, minyak goreng kemasan mana yang paling murah saat ini?

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo baru-baru ini mengeluarkan larangan ekspor minyak nabati dan bahan baku minyak nabati.

Pelaku industri kelapa sawit dituntut untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan mengutamakan pasokan minyak nabati ke pasar domestik.

Karena diketahui bahwa meskipun Indonesia merupakan produsen minyak sawit terbesar di dunia, namun saat ini masyarakat sulit mendapatkan minyak nabati di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng di Indonesia terjadi dalam 4 bulan terakhir. Oleh karena itu, larangan ekspor ini dianggap sebagai kebijakan yang tepat.

Kebijakan pelarangan ekspor minyak sawit mentah dan turunannya akan diterapkan mulai 28 April 2022 untuk menurunkan harga minyak nabati curah menjadi Rp 14.000 per liter.

Yang dimaksud dengan CPO dan turunannya adalah CPO, Refined Palm Oil (RPO), Refined, Bleached, Deodorized Palm Olein (RBD Palm Olein), Pome dan Minyak Goreng Bekas.

Keputusan ini memastikan produk CPO dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk pasokan minyak nabati curah hingga mencapai harga Rp 14.000 per liter, terutama di pasar tradisional dan usaha kecil menengah (UMK).

“Saya ingin tegaskan bahwa bagi pemerintah, kebutuhan pokok masyarakat adalah prioritas utama. Ini adalah prioritas tertinggi yang menjadi pertimbangan pemerintah dalam mengambil keputusan,” kata Presiden Jokowi dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden. .

Pemerintah sebelumnya mengendalikan harga melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 Tahun 2022 yang ditetapkan pada 26 Januari berupa Harga Eceran Maksimum (HET) Rp 11.500 per liter untuk minyak nabati curah, dan sederhana Rp 13.500 per liter. . . Minyak Goreng Kemasan, Minyak Goreng Kemasan Premium Rs 14.000 per liter.

Namun, belakangan kebijakan tersebut dicabut karena gagal mengatasi kelangkaan minyak nabati di pasaran, sehingga pemerintah hanya mengenakan HET Rp 14.000 per liter untuk minyak nabati curah.

Menurut informasi dari situs Hargapangan.id, harga minyak nabati tertinggi saat ini ada di Sulawesi Tenggara, yakni Rp 38.600 per liter di pasar tradisional.

Sementara harga minyak nabati terendah hari ini adalah Rp 21.100 per liter di Yogyakarta dan Rp 21.400 per liter di Bali.

Berdasarkan pantauan hari ini, minyak goreng kemasan termurah adalah minyak goreng merek Camar seharga Rp 43.500 untuk 2 liter, disusul Sofia seharga Rp 48.500.

Jadi, harga 1 liter minyak goreng di Indonesia hari ini di bulan April 2022, minyak goreng kemasan mana yang paling murah sekarang? ***

Artikel ini telah tayang di https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/ dengan judul "Harga Minyak Goreng 1 Liter Hari Ini se-Indonesia April 2022, Minyak Goreng Kemasan Apa yang Sekarang Termurah"