Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KIP Kuliah Bisa untuk PTN, PTS, Jalur Mandiri: Begini Cara Cek Kampus yang Menerima

Kemendikbud menegaskan KIP Kuliah juga bisa digunakan untuk pendaftaran Perguruan Tinggi Swasta (PTS), bukan hanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Informasi ini sebelumnya disampaikan oleh Kepala Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Abdul Kahar melalui program virtual Silaturahmi Merdeka Belajar: Semua orang bisa belajar melalui kuliah KIP, Kamis (24/03/2022). Cukup sekali registrasi, satu akun bisa digunakan di semua pilihan.

“Kamu tinggal membuat akun, yang bisa kamu gunakan sepanjang tahun saat pendaftaran, dan bisa digunakan untuk semua ujian masuk universitas, termasuk PTN dan PTS,” jelas Kahar.

KIP Kuliah Bisa untuk PTN, PTS, Jalur Mandiri: Begini Cara Cek Kampus yang Menerima

Oleh karena itu, calon mahasiswa baru yang belum lulus jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2022 tidak perlu khawatir karena KIP Kuliah tersedia untuk pendaftaran mandiri.

“Kalau tidak lolos pilihan nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dan pilihan bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), pilih lagi pilihan mandiri, dll,” jelas Kahar pada kesempatan yang sama, seperti dikutip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mahasiswa aktif yang ingin pindah jurusan melalui jalur SBMPTN 2022 atau jalur mandiri masih berpeluang untuk mendaftar kuliah KIP. Namun yang bersangkutan harus belum pernah menerima SPP KIP atau beasiswa lainnya pada tahun berjalan/sebelumnya dan harus memenuhi persyaratan.

“Artinya mengikuti seleksi baru. Sekarang bisa sekaligus mendaftar KIP kuliah mandiri. Pada prinsipnya KIP perkuliahan ditujukan untuk mahasiswa kategori baru,” ujarnya.

Mahasiswa yang akan mendaftar di perguruan tinggi swasta dapat mengecek terlebih dahulu apakah kampus yang akan dituju menerima mahasiswa KIP Lecture.

Cara melihat PTN dan PTS yang diterima untuk Kuliah KIP
  1. Buka https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.
  2. Arahkan kursor ke bagian "Cari universitas/program studi yang menerima kuliah KIP"
  3. Masukkan nama PTN atau PTS yang Anda cari melalui kolom pencarian
  4. Jika Anda ingin melihat status pendaftaran dan keikutsertaan universitas yang Anda cari, klik Lihat Profil.
Jadi calon mahasiswa baru tahun 2022 tidak perlu bingung, KIP tersedia untuk kuliah mandiri maupun perguruan tinggi swasta.

Kahar menegaskan, “Bagi yang berminat masuk kuliah tahun ini dan memenuhi kriteria penerimaan Kuliah KIP, jangan sungkan-sungkan untuk mendaftar KIP Kuliah Merdeka. Insya Allah semuanya bisa kuliah.”

Arikel ini sudah tayang di detik.com Dengan judul artikel” KIP Kuliah Bisa untuk PTN, PTS, Jalur Mandiri: Ini Cara Cek Kampus yang Menerima