Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PKH dan BPNT Sembako 2022 Cair Lagi Tanggal Berapa? Cek Jadwal Di Sini..

Artikel ini akan mengulas bocoran PKH dan BPNT yang dibayarkan untuk Sembako 2022 dan cara cek daftar penerima bansos di Cekbansos.kemensos.go.id.

Kementerian Sosial (Kemensos) diketahui menerima bantuan sosial PKH dan BPNT Sembako pada 2022 bagi masyarakat miskin atau miskin rentan yang telah terdaftar dalam Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial (DTKS).


Kelompok ini kemudian ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan mereka dapat memeriksa daftar penerima bantuan sosial PKH dan BPNT Sembako di Cekbansos.kemensos.go.id untuk status penerimaan.

Pada April 2022, Kementerian Sosial telah mencairkan bantuan PKh dan BPNT Sembako tahap kedua pada 4-21 April.

Lantas, kapan PKH reguler KPM dan bansos BPNT Sembako 2022 akan dibayarkan?

Sebelum membahas jadwal pencairan bansos PKH dan BPNT Sembako tahun 2022, simak dulu cara melihat daftar penerima bansos di Cekbansos.kemensos.go.id.

Cara melihat daftar penerima PKH dan BPNT sembako 2022
  1. Kunjungi website Cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilih dan isi provinsi asal KPM sesuai KTP.
  3. Pilih asal kabupaten/kota sesuai KTP.
  4. Pilih asal daerah sesuai KTP.
  5. Pilih asal desa sesuai KTP.
  6. Isikan 8 (delapan) kode huruf yang tertera pada kotak kode.
  7. Jika kode huruf tidak jelas, klik lagi kotak kode untuk mendapatkan kode baru.
  8. Kemudian, pilih dan klik tombol Cari.
  9. Sistem kemudian akan mencocokkan data KPM yang berhak mendapatkan bansos PKH dan BPNT Sembako dengan database DTKS.

PKH dan BPNT Sembako memiliki jadwal pencairan bansos yang berbeda, namun dapat dicairkan secara bersamaan pada bulan-bulan tertentu.

Untuk bantuan sosial PKH, rencananya akan dicairkan setiap tiga bulan, atau empat tahap dalam setahun, yakni Januari, April, sudah dicairkan.

Bantuan sosial PKH selanjutnya akan disalurkan kembali pada tahap 3 mulai Juli 2022 hingga September 2022.

Kemensos menargetkan dapat menerima hingga 10 juta KPM untuk bantuan sosial PKH yang terbagi dalam 7 kategori, yaitu Rp 3 juta per tahun untuk ibu hamil, Rp 3 juta per tahun untuk anak kecil, Rp 2,4 juta per tahun untuk lansia. , Rp 2,4 juta per tahun untuk penyandang disabilitas, Rp 900.000 per tahun untuk siswa SD, Rp 1,5 juta per tahun untuk siswa SMP, dan Rp 200.000 per tahun untuk siswa SMA.

Dana bansos PKH dapat disalurkan melalui Bank Himbara.

Sementara itu, target bansos BPNT Sembako adalah 18,8 juta KPM, dengan total bantuan tahunan Rp 2,4 juta.

Namun, bantuan BPNT Sembako akan dibayarkan sebesar Rp 200.000 per bulan dan dapat dibayarkan dalam bentuk saldo belanja atau tunai.

Jika cairannya berupa saldo sembako maka akan disalurkan oleh Bank Himbara, sedangkan jika alirannya berupa uang tunai, dana BPNT Sembako akan disetorkan melalui kantor pos.

Sebagai informasi, hingga 20,5 juta KPM mendapat tambahan bantuan langsung tunai (BLT minyak goreng) sebesar Rp300.000 dari PKH dan bansos BPNT Sembako yang disalurkan pada April 2022.

Berikut informasi jadwal program bansos 2022 dan cara cek daftar penerima PKH dan BPNT sembako di Cekbansos.kemensos.go.id. *


Artikel ini sudah tayang di depok.pikiran-rakyat.com Dengan judul artikel” PKH dan BPNT Sembako 2022 Cair Lagi Tanggal Berapa? Cek Jadwal dan Daftar Penerima di cekbansos.kemensos.go.id”