Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Jualan Online Laris Manis Di Whatsapp

Cara Jualan Online Laris Manis Di WhatsappIngin tahu bagaimana cara menjual terlaris online di WhatsApp? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Seperti yang Anda ketahui, bisnis saat ini menggunakan banyak saluran untuk memasarkan produknya.

Dengan memasarkan produk-produk ini di berbagai saluran penjualan, diharapkan bisnis dapat memasuki pasar yang lebih luas.

Sebagai contoh, beberapa channel yang bisa digunakan untuk berjualan adalah website toko online, marketplace, platform social commerce, dan platform chat commerce.

Berjualan menggunakan chat commerce berarti memanfaatkan aplikasi instant messaging untuk mempromosikan dan memperdagangkan produk, salah satunya berjualan melalui WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp kini tidak hanya digunakan untuk berkirim pesan, tetapi juga untuk melakukan transaksi dengan pelanggan.

Juga, menurut studi Pew Research Center, 42% pengguna smartphone berusia 18-29 memiliki aplikasi perpesanan.

Konon, menggunakan WhatsApp bisa menjadi media yang ideal jika Anda ingin menjangkau audiens yang lebih muda.

Selain itu, pesan instan memiliki tingkat keterlibatan yang lebih baik karena 98% dari pesan ini dibuka dan dibaca, dan 90% di antaranya langsung dibaca setelah diterima.

WhatsApp kini memiliki banyak fitur untuk membantu Anda berjualan secara online. Dengan fitur tersebut, Anda akan lebih mudah menjual produk melalui WhatsApp.

Cara Jualan Online Laris Manis Di Whatsapp

Tentu saja, untuk mengoptimalkan penjualan Anda dengan WhatsApp, Anda harus memiliki strategi yang menarik.

Nah, agar banyak orang yang membeli produk Anda, berikut beberapa tips dan trik cara berjualan online di WhatsApp!

1. Buat akun bisnis WhatsApp

Cara jualan online paling laris pertama di WhatsApp adalah dengan membuat akun WhatsApp Business agar pelanggan bisa percaya bahwa toko online Anda profesional.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur untuk membantu Anda mengotomatiskan, mengkategorikan, membalas pesan dengan cepat, dan memberi pelanggan Anda pengalaman berbelanja yang luar biasa melalui WhatsApp.

WhatsApp Business dapat diunduh secara gratis dari Play Store. Setelah mengunduh, Anda harus membuat profil bisnis.

Pastikan untuk menggunakan nomor telepon yang didedikasikan untuk penggunaan bisnis. Jangan gunakan nomor pribadi yang sebelumnya terdaftar di WhatsApp untuk menghindari kebingungan dalam menerima pesan.

Jadi pastikan untuk menggunakan nomor yang berbeda untuk pekerjaan dan urusan pribadi.

Untuk mengubah profil bisnis WhatsApp, Anda harus:
  • Buka WhatsApp Business > Klik tombol Menu > Pengaturan > Pengaturan Perusahaan > Profil
  • Klik "Edit" di sudut kanan atas
  • Edit dan simpan perubahan
  • Buat profil bisnis WhatsApp Anda dengan informasi berguna seperti alamat (dengan peta), jam operasional, deskripsi bisnis, email, dan situs web.
Label juga dapat digunakan untuk mengelola pelanggan dan mengobrol dengan pelanggan baru, pesanan baru, pesanan yang belum dibayar, pesanan yang sudah selesai, atau membuat label khusus baru jika diperlukan.

Juga, buat katalog produk agar pelanggan dapat mempelajari produk atau layanan yang Anda jual. Berikan deskripsi produk dan harga yang jelas di katalog untuk menghindari kebingungan bagi pelanggan.

Tidak hanya dapat Anda akses dari ponsel Anda, tetapi Anda juga dapat membuka WhatsApp dari desktop atau laptop Anda.

Sebelum berkunjung, Anda akan diminta untuk memindai kode QR agar dapat membuka halaman web WhatsApp di desktop atau laptop Anda.

Dengan WhatsApp Web, Anda juga dapat mengelola toko online Anda dengan lebih mudah dan menghindari kesalahan seperti kesalahan ejaan atau salah membalas pesan.

2. Sapa pelanggan dengan mudah

Cara jualan online paling laris berikutnya di WhatsApp adalah dengan menyapa pelanggan dengan ramah, waspada, dan responsif mungkin!

Jika Anda menggunakan platform chat commerce yang terhubung ke WhatsApp, Anda dapat memaksimalkan penggunaan fitur yang disebut chatbot.

Dengan bantuan chatbots, Anda tidak akan kesulitan lagi untuk membalas pesan yang masuk secara bersamaan.

Uniknya, pesan yang Anda kirimkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya, dapatkan jawaban cepat untuk pertanyaan paling umum pelanggan Anda.

Fitur ini berfungsi dengan baik sebagai direktori FAQ yang menjelaskan hal-hal seperti metode pembayaran yang diterima, area pengiriman, dan kebijakan pengembalian.

3. Merekomendasikan produk dengan mudah

Cara jualan online paling laris berikutnya di WhatsApp adalah dengan memberikan rekomendasi produk langsung ke pelanggan.

Anda dapat mengoptimalkan penggunaan fitur Status di WhatsApp dan menawarkan produk yang dijual melaluinya.

Selain itu, Anda juga dapat membagikan detail dan informasi tentang promosi atau hal lainnya secara langsung melalui WhatsApp Business.

Lebih mudah lagi jika Anda bisa menunjukkan foto katalog Anda melalui WhatsApp. Jadi Anda tidak perlu repot memilih foto produk untuk pelanggan yang akan membeli.

Untuk membantu Anda berjualan dengan lebih mudah, toko SIRCLO juga menawarkan fitur chat commerce yang mengintegrasikan katalog dari website toko online ke WhatsApp melalui dashboard interaktif.

4. Membuat pelanggan lebih nyaman

Keunggulan lain berjualan di WhatsApp adalah alur transaksi yang lebih komunikatif.

Pelanggan akan merasa aman dan nyaman berbelanja saat menggunakan teks yang dipersonalisasi untuk berkomunikasi langsung dengan admin WhatsApp Anda berdasarkan suara merek perusahaan Anda.

Sebagai sebuah brand, Anda dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui komunikasi yang Anda sampaikan.

Yuk, terapkan cara jualan online best seller di WhatsApp dan buat pelanggan merasa nyaman saat berbelanja di toko online kamu.

5. Iklankan bisnis Anda secara online dan offline

Cara online terlaris lainnya di WhatsApp yang bisa Anda terapkan adalah dengan mencoba mempromosikan bisnis Anda secara online atau offline.

Mengingat bisnis online yang dilakukan dengan WhatsApp tidak dapat dicari berdasarkan nama atau lokasi saja, maka Anda perlu mempromosikannya secara luas.

Jika Anda memiliki toko fisik, sertakan nomor telepon WhatsApp perusahaan Anda sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukannya di ponsel mereka.

Selain promosi offline, Anda juga harus memaksimalkan iklan online. Dengan memanfaatkan kehadiran berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Buat tautan ke profil WhatsApp bisnis Anda dan bagikan melalui semua media sosial di atas. Ketika pelanggan mengklik tautan tersebut, mereka akan secara otomatis terhubung ke bisnis WhatsApp Anda.

Anda dapat meningkatkan penjualan toko online Anda dengan mengikuti metode penjualan online terlaris di WhatsApp di atas.