Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memasarkan Produk Makanan Online

Cara Memasarkan Produk Makanan OnlineMenjalankan bisnis makanan di tengah pandemi merupakan salah satu impian menjalankan bisnis. Dan, alangkah bahagianya jika menjalankan bisnis makanan itu untuk kepentingan banyak orang. Namun meski begitu, bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang sulit berkembang karena selain banyaknya pesaing, cara pemasaran produknya juga harus beragam. Karena makanan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang, selera mereka tidak bisa ditebak dan dirata-ratakan.

Nah, bagi Anda yang menjalankan bisnis makanan dan ingin lebih sukses dengan pemasaran online, Anda harus terlebih dahulu memahami tips pemasaran ini agar makanan yang Anda tampilkan diminati lebih banyak pembeli. Bagaimana menurutmu?

CARA MEMASARKAN PRODUK MAKANAN ONLINE

Berikut 10 cara jualan sembako secara online di masa pandemi COVID-19 di Uptown Services Office. Saya harap ini membantu!

1. Pasarkan makanan dengan foto yang menarik

Saat menjalankan bisnis kuliner, cara terpenting untuk memasarkan makanan Anda secara online adalah dengan mengambil foto produk yang menarik. Elemen ini merupakan hal yang paling mendasar yang membuat suatu produk lebih menarik ketika pelanggan melihatnya untuk pertama kali, dan kemudian mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa yang ditawarkan. 

Jika Anda memiliki lebih banyak uang untuk promosi, Anda dapat menggunakan layanan foto produk profesional. Ini akan membuat foto makanan Anda lebih enak dipandang. Namun, jika Anda tidak memiliki anggaran, Anda dapat menggunakan apa yang ada di sekitar Anda dan memanfaatkan perangkat lunak pengeditan yang tersedia di internet.

2. Manfaatkan media sosial

Setelah Anda mengambil foto, Anda dapat memasarkan makanan Anda melalui media sosial yang sibuk seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Pastikan target pasar Anda di media sosial sudah benar sehingga bisa cepat dikenali pasar di berbagai jaringan. Metode ini adalah salah satu yang paling mendasar saat ini. 

Cara mempromosikan makanan melalui media sosial ini juga sangat hemat biaya, mulai dari menyewa kamar hingga membayar karyawan. Jika Anda tidak memiliki tempat offline, Anda dapat menggunakan rumah atau tempat tinggal pribadi Anda sebagai stan penjualan dan promosi.

3. Riset pasar

Metode yang sama pentingnya dalam penjualan online adalah melakukan riset pasar sebelum memasarkan produk Anda baik secara offline maupun online. Langkah ini dianggap penting karena memiliki data pasar dapat menjadi acuan untuk mengejar tujuan di kemudian hari. Hasil riset ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengidentifikasi pelanggan agar konsep bisnis kuliner memiliki arah yang tepat sebelum memasarkannya. Terakhir, Anda juga bisa menggunakan hasil riset pasar Anda untuk menentukan konsep kemasan, penjualan, dan strategi pemasaran yang digunakan.

4. Gunakan kemasan yang menarik

Cara pemasaran makanan berikutnya yang berperan penting dalam menarik pelanggan dari ranah online adalah dengan membuat kemasan yang menarik. Strategi awal ini akan menentukan kesan pertama pelanggan sebelum mencicipi makanan Anda. Jadi jangan lupa buat konsep packaging yang unik ya? 

Penting juga untuk menyesuaikan kemasan yang Anda buat dengan target pasar makanan yang Anda miliki. Jika target pasarnya adalah anak-anak modern, Anda harus rajin meneliti dan meneliti desain dan kemasan yang sedang populer dan digemari anak muda. Warna merupakan hal yang sangat penting, sehingga harus diperhatikan dengan seksama.

5. Mengadopsi metode promosi yang unik

Promosi unik adalah salah satu elemen yang perlu Anda kuasai saat memulai bisnis makanan. Promosi yang unik dan menarik ini akan menarik banyak calon pelanggan yang datang. Dalam kondisi tertentu, Anda dapat menawarkan beberapa penawaran unik pada hari-hari khusus. Plus, Anda bisa mendapatkan promosi atau diskon ulang tahun di hari-hari besar, salah satunya adalah mengejar tenggat waktu dua hari yang sering terjadi di beberapa pasar saat ini. Pendekatan ini adalah salah satu yang unik yang dapat diterapkan pada bisnis makanan Anda.

6. Buat hadiah

Cara lain untuk mengembangkan bisnis Anda di dunia kuliner online adalah dengan membuat promosi giveaway. Anda dapat menggunakan pengikut media sosial Anda untuk mempromosikan promosi giveaway ini di media sosial Instagram atau Facebook. Langkah ini juga bisa menjadi momen untuk meningkatkan jaringan dan target pasar Anda. 

Selain itu, Anda dapat membuat pengikut media sosial untuk menulis testimonial atau tanggapan pelanggan agar masyarakat tahu tentang makanan. Jangan lupa untuk melakukan strategi ini secara rutin agar keberadaan makanan Anda tetap stabil dan makanan tersebut semakin dikenal.

7. Dukungan influencer Instagram

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan strategi endorsement influencer Instagram yang berdampak besar dalam pemasaran makanan secara online. Pastikan influencer Instagram yang bekerja sama dengan Anda untuk mempromosikan makanan memiliki pengikut yang sesuai dengan standar bisnis makanan Anda. 

Biasanya para influencer Instagram memiliki rate card tertentu jika ingin mempromosikan produknya. Jadi mulailah dengan memilih influencer Instagram yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, jangan sampai salah sasaran.

8. Berkolaborasi dengan influencer lain di media sosial


Selain endorsement Instagram, bermitra dengan influencer di platform media sosial lainnya juga akan membuat followers influencer tersebut tertarik untuk mencoba makanan yang ditawarkan. Pendekatan ini akan membuat produk Anda dikenal dan memberi Anda pengalaman baru. Pilih beberapa influencer yang menginspirasi dan berkolaborasi pada acara-acara khusus, seperti peringatan produk atau hari-hari khusus. 

Anda bisa memasarkan hasil kolaborasi ini secara terbatas, sehingga ketika pelanggan membeli hasil kolaborasi Anda dengan influencer ini, mereka akan merasa sangat istimewa.

9. Pemasaran melalui marketplace

Memasarkan suatu produk saat ini merupakan cara yang mudah untuk melakukan bisnis. Pasalnya, sistem perdagangan pasar akan membuat nasabah merasa aman dan lebih mudah. Saat ini terdapat berbagai macam marketplace yang dapat dipilih, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lainnya. Selain membuat pelanggan merasa aman, membeli melalui marketplace juga memudahkan pelanggan dan Anda untuk menjangkau dan mengontrol karena sistem yang digunakan sangat kompleks.

10. Gunakan Layanan Pengiriman Terverifikasi


Langkah terakhir dalam mengembangkan bisnis makanan online Anda adalah bermitra dengan layanan pengiriman yang telah terbukti. Ini adalah pendekatan yang harus Anda ambil jika Anda ingin mengejar volume target penjualan Anda tetapi tetap memberikan makanan berkualitas (baik dalam rasa maupun penampilan). 

Menariknya, saat ini ada beberapa pilihan layanan pesan antar yang fokus pada jenis usaha memasak, seperti Paxel, Mr Speedy, Gojek, Grab, Lalamove dan masih banyak lainnya. Selain membuat pelanggan merasa aman, pembelian online juga lebih terjamin dengan menjaga validitas.