Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI Tahun 2022 hingga Rp 100 Juta

Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI Tahun 2022 hingga Rp 100 JutaPeluang UMKM untuk mendapatkan Kredit Komersial Rakyat (KUR) pada tahun 2022 semakin mudah dan terbuka, salah satunya melalui Belt and Road Initiative. Berikut cara mengajukan pinjaman KUR BRI hingga Rp 100 juta di tahun 2022.

KUR BRI akan dibuka kembali pada tahun 2022 untuk membantu masyarakat yang menjalankan usaha agar usahanya dapat tumbuh dan berkembang.

Melalui KUR BRI ini, UMKM yang usahanya terdampak pandemi Covid-19 bisa bernafas lega karena KUR BRI siap memberikan pinjaman modal usaha hingga Rp 100 juta.

Pemerintah telah menaikkan pagu KUR menjadi Rp 373,17 triliun pada 2022 dan Rp 285 triliun pada 2021.

Pemerintah juga telah memutuskan untuk mempertahankan suku bunga KUR sebesar 6% untuk tahun 2022.

Pemerintah juga menurunkan subsidi bunga KUR untuk KUR Super Mikro sebesar 1% pada tahun 2022. Kemudian bunga KUR Mikro turun 0,5%.

Peminat KUR TKI (PMI) turun 0,5%. Langkah ini ditempuh dengan mencermati penurunan biaya modal dan peningkatan efisiensi biaya overhead (OHC) tarif KUR.

Selain itu, pemerintah telah melakukan beberapa perubahan pada kebijakan KUR, antara lain mengubah cap KUR mikro sebelumnya (tanpa agunan tambahan) dari Rp10 juta+ menjadi Rp50 juta menjadi Rp10 juta+ menjadi Rp100 juta.

Perubahan KUR atau klaster khusus kemudian dilakukan tanpa membatasi akumulasi pagu KUR untuk sektor produksi (non-perdagangan).

Selain itu, perubahan kebijakan KUR penempatan PMI, antara lain penyesuaian cap KUR penempatan PMI dari maksimal Rp25 juta menjadi maksimal Rp100 juta, serta perubahan pandemi Covid-19.

Kebijakan KUR yang dilonggarkan termasuk KUR kecil dan tidak membatasi akumulasi batas KUR sampai dengan 31 Desember 2022.

Menunda target sektor produksi hingga 31 Desember 2022 atau sesuai pertimbangan Komite Kebijakan Pembiayaan UMKM.

Selanjutnya diberikan insentif berupa perluasan restrukturisasi KUR dan relaksasi administrasi bagi calon debitur KUR selama masa pandemi Covid-19 berdasarkan penilaian objektif penyalur KUR.

PERSYARATAN PENGAJUAN PINJAMAN KUR BRI TAHUN 2022

Dikutip dari Kur.bri.co.id, berikut syarat pengajuan pinjaman KUR BRI melalui platform kur.bri.co.id tahun 2022
  • Perorangan (individu)
  • Usaha telah berjalan sekurang-kurangnya enam (enam) bulan
  • Berbisnis di salah satu platform e-commerce (misalnya Shopee, Tokopedia, dll.) dan/atau penyedia layanan ride-hailing (Gojek atau Grab)
  • Saat ini tidak menerima kredit dari bank, kecuali kredit konsumer seperti KPR, KKB dan kartu kredit
  • Persyaratan Administratif: identitas KTP, Kartu Keluarga (KK), Surat Izin Usaha (bisa berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau online car-hailing)
CARA MENGAJUKAN PINJAMAN KUR BRI

Cara pengajuan pinjaman KUR BRI tahun 2022 dapat dilakukan secara online sebagai berikut:
  • Buka halaman kur.bri.co.id
  • Pilih "Ajukan Pinjaman"
  • Masuk dengan alamat email Anda dan masukkan kata sandi Anda jika Anda sudah memiliki akun.
  • Jika tidak ada akun di halaman tersebut, Anda dapat memilih "Daftar"
  • Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik "Setuju"
  • Mengisi formulir aplikasi yang disediakan oleh BRI secara online, seperti informasi calon nasabah, informasi bisnis, upload dokumen, penyampaian informasi, dll.
Demikianlah cara mengajukan pinjaman KUR BRI hingga Rp 100 juta di tahun 2022.