Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Media Promosi Online Bisnis

Media Promosi OnlineSemenjak kepopuleran media sosial, promosi suatu produk atau jasa kini semakin maju dan mudah. Dengan hadirnya media sosial untuk promosi, promosi bisnis tidak lagi dilakukan melalui radio, media cetak atau televisi. Saat ini, yang bisa disebut dengan era digital, media online menjadi platform yang populer untuk mempromosikan bisnis.

Keberadaan media sosial yang diberdayakan oleh kekuatan internet saat ini berpotensi untuk mendukung keberhasilan mempromosikan suatu bisnis atau produk dengan mudah, cepat, dan murah, bahkan tanpa modal sama sekali. Selanjutnya, dengan bantuan berbagai alat internet yang tersedia seperti website, blog, media sosial dan global, real-time dan kegunaannya, kegiatan promosi bisnis Anda akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas.
Media Promosi Online Bisnis

Media Promosi Online Bisnis

Nah, media online terpercaya mana yang bisa dijadikan media promosi terpercaya untuk bisnis Anda, berikut ulasannya:

1. Facebook

Media sosial tetap menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan kerja dan anggota keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook banyak digunakan sebagai media sosial untuk promosi online selain website bisnis. Menggunakan Facebook sebagai media promosi juga dianggap relatif mudah oleh para pedagang online, bahkan banyak bisnis yang sudah memiliki toko fisik menggunakan Facebook sebagai media promosi produk.

Bisnis yang sukses juga sering memulai dengan memperkenalkan produknya melalui Facebook. Bagaimana cara melakukan promosi yang sangat sukses dengan Facebook? Pertama, pastikan halaman Facebook utama Anda menarik konsumen, karena ini akan menjadi daya tarik bagi calon konsumen untuk menyukai. Seperti ini langkah kedua yang harus anda usahakan semaksimal mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengidentifikasi target pelanggan Anda dengan mencari orang-orang yang tertarik dengan halaman Facebook Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik.

2. Twitter

Selain Facebook, Twitter juga merupakan salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media bisnis online. Meskipun awalnya dirancang untuk dapat berbagi status terkenal hingga 160 karakter, Twitter kini mampu menjadi media yang cukup kuat untuk memasarkan produk. Pelanggan toko online mana pun menganggap media ini mudah diakses karena orang dapat dengan mudah mengakses jaringan mikro ini melalui telepon pintar (smartphone).

Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah meningkatkan jumlah followers, melakukan tweet secara rutin, mempromosikan situs secara berkala, mengatur waktu tweet, menggunakan buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan mempromosikan akun Twitter Bisnis online lainnya.

3. Instagram

Nampaknya media sosial inilah yang kini menjadi protagonis media bisnis online. Selain bisa memamerkan foto produk, juga karena headline bisa ditulis lebih panjang dari Twitter. Instagram juga mudah diakses melalui smartphone dan muncul sebagai pendorong kehadiran media sosial teratas di kalangan anak muda. Ini adalah kesempatan Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis Anda dengan mudah karena lebih banyak calon konsumen berduyun-duyun ke media sosial ini. 

Hashtag adalah salah satu alat promosi paling ampuh saat Anda menggunakan Instagram sebagai media bisnis. Selain itu, terlibat aktif dengan pelanggan adalah salah satu trik yang dapat membuat pelanggan lebih memperhatikan bisnis Anda.

4. Path

Path awalnya dikenal sebagai outlet media sosial eksklusif karena terbatasnya jumlah teman yang dapat ditambahkan ke akun ini. Meski begitu, bukan berarti akun tersebut tidak bisa digunakan sebagai media promosi dan pemasaran online. Dailybeautyhouse adalah salah satu bisnis yang menggunakan Path untuk promosi. Dapat dikatakan bahwa Path adalah bentuk pribadi dari Facebook dan Twitter, tetapi bukan berarti media sosial ini tidak dapat memberikan Anda kesempatan untuk memperluas jaringan dan pasar Anda.

5. Kaskus

Tidak perlu diragukan lagi kemampuan media sosial ini untuk mempromosikan produk. Dikenal sebagai marketplace yang banyak digunakan untuk berjualan, Kaskus dianggap sebagai media sosial paling powerful untuk bisnis, apalagi dengan hadirnya forum jual beli. Perlu Anda ketahui bahwa berpromosi dan berbisnis di Kaskus tidaklah mudah, seiring maraknya penipuan dari bisnis online di media sosial, namun bukan berarti Kaskus tidak bisa menjadi media bisnis yang ampuh.

6. Google+

Pesaing Facebook terhadap media sosial yang dapat menjadi media promosi dan pemasaran online Anda adalah Google+. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang akhirnya bisa mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah Anda bahwa Youtube sebenarnya adalah produk Google dan kini ramai digunakan sebagai media promosi online? Beberapa cara mudah untuk memaksimalkan Google+ sebagai media bisnis online Anda adalah dengan menggunakan lingkaran Google+ untuk memfilter dan mengatur Gmail, membuat interaksi dengan Hangouts, mengedit dokumen dengan rekan kerja, dan merencanakan serta mengatur acara.

7. Marketplace

Nah, selain menggunakan media sosial yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan situs marketplace seperti OLX.co.id, tokobagus.com, elevania.com, dll. Marketplace ini sangat membantu para pebisnis online untuk memiliki halaman toko sendiri dan menjalankan promosi serta memasarkan produknya. Tidak jarang pemilik bisnis yang sudah memiliki toko fisik membuat halaman tokonya di berbagai pasar untuk memperluas jaringan dan menjangkau lebih banyak konsumen.

8. Blog

Sepintas medianya memang menyerupai website, namun penggunaan blog hanya sebatas untuk mendukung upaya publisitas. Anda dapat melakukannya dengan memposting berbagai artikel tentang bisnis dan produk toko online Anda, bahkan jika Anda ingin memasukkan berita terbaru tentang toko online Anda dan memamerkan apa yang telah dicapai. Untuk lebih mengoptimalkan penggunaannya, banyak bisnis online yang menggunakan blog juga menggunakan teknik SEO untuk menarik lebih banyak pelanggan.

9. Pemasaran Email

Pemasaran email dianggap sebagai metode kuno di antara media online lainnya, tetapi jangan meremehkan kekuatan media ini. Pemasaran email dikenal memiliki kekuatan promosi online yang cukup besar karena merupakan sumber berita promosi yang bagus untuk mengirimkan penawaran produk terbaru kepada pelanggan.

10. Youtube

Situs radio yang berdiri sejak 2005 ini telah menjadi media bagi banyak orang untuk mengekspresikan diri melalui video. Youtube merupakan salah satu situs yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang dari segala kalangan, usia dan jenis kelamin saat ini. Karena mempromosikan bisnis Anda di Youtube adalah bagian wajib dari rencana promosi bisnis Anda. Jika Anda ingin mempromosikan bisnis Anda di Youtube, langkah utama adalah mengunggah video melalui akun pribadi Anda, lalu pilih kategori yang tepat untuk jenis bisnis yang ingin Anda promosikan, judul video harus menarik dan banyak mengandung kata kunci ketika video hasil pencarian terkait kata kunci muncul Ketika digunakan oleh banyak orang meningkatkan kemungkinan muncul di halaman pertama Youtube.

Perluas jaringan Anda dan tingkatkan keuntungan Anda

Penggunaan media sosial yang cerdas untuk promosi termasuk menjangkau calon pelanggan dan konsumen adalah kunci keberhasilan ekspansi media online dan pada akhirnya keuntungan bisnis. Mendekatkan diri dengan masyarakat dengan berteman dengan mereka tidak hanya mempromosikan tetapi juga berbagi informasi terkait bisnis yang diminati konsumen. Dengan cara ini, Anda tidak akan kesulitan lagi untuk mengiklankan produk Anda dan menarik konsumen.