Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pentingnya SEO Dan SEM Untuk Meningkatkan Penjualan Online

 

Mengenal SEO Dan SEM Untuk Meningkatkan Penjualan Online

Halo sobat bisnis yang menjalankan bisnis online pasti sudah mengetahui SEO karena semakin banyak pengguna internet yang berjualan maka semakin banyak pula persaingan yang kita miliki di search engine.

Tidak hanya merchant yang menggunakan cara ini, pemilik website juga mengejar SEO untuk mencari trafik sebanyak-banyaknya di search engine. Dari sini sedikit diketahui apa itu SEO.


Jika Anda belum mengetahui apa itu SEO secara detail, saya akan menjelaskannya kepada Anda yang masih bingung.

Pelajari tentang SEO dan SEM untuk meningkatkan penjualan online

Apa itu optimasi mesin pencari?

SEO (Search Engine Optimization) bertujuan untuk meningkatkan peringkat website pada pencarian atau SERPs (Search Engine Results Pages) untuk kata kunci yang dicari pengguna internet. SEO itu sendiri adalah tentang menemukan lalu lintas ke situs web Anda melalui mesin pencari.

Jadi apa itu SEM? Menurut saya, menggunakan SEM itu sendiri seperti SEO, perbedaannya hanya kita membayar agar website atau toko kita berada di urutan teratas pencarian. Penjelasan lebih lanjut adalah sebagai berikut.

Apa itu mikroskop elektron pemindaian?

SEM adalah singkatan dari (Search Engine Marketing) dan digunakan dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan Anda secara berbayar. Yang sering saya temui adalah pembayaran SEM dibuat oleh pencari, seperti iklan Goggle, karena menggunakan SEM. Metode SEM sendiri banyak digunakan oleh website komersial, e-commerce dan toko online.

Pasti ada kerugian untuk kedua pendekatan, serta kelebihannya, Anda tahu sendiri. Jika Anda ingin yang gratis, gunakan metode SEO, tetapi harus mencari kata kunci yang tidak digunakan oleh pesaing Anda. Jika Anda menginginkan sesuatu yang tidak terlalu rumit, Anda dapat menggunakan metode paid advertising (SEM).

Pelajari tentang SEO dan SEM untuk meningkatkan penjualan online

Manfaat SEO dan SEM untuk toko website atau toko online Anda

1. Selalu dapat dipromosikan

Anda dapat menggunakan kedua metode untuk menargetkan konsumen di mesin pencari saat situs web atau toko Anda berada di halaman 1 Google. Karena sebagian besar pengguna mesin pencari adalah google.

Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk beriklan, tetapi banyak situs web profesional atau toko online pasti muncul di halaman 1 pencarian Google.

Jika website atau toko online Anda sudah berada di peringkat 1 Google, akan sulit bagi kompetitor untuk mengubah peringkatnya. Jadi, dalam 2 hingga 5 tahun, situs Anda akan tetap berada di peringkat teratas pencarian.

2. Sasaran konsumen yang tepat

Karena Anda menggunakan kata kunci yang menargetkan konsumen yang mereka cari, ketika Anda menggunakan SEO yang tepat, artikel Anda pasti akan muncul berdasarkan konsumen yang mereka cari. Tentunya cara ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki toko online sendiri.

3. Merek lebih dikenal dan dipahami banyak konsumen

Misalnya, jika Anda memiliki merek, nama toko yang sering muncul di atas pencarian mesin pencari, orang juga akan mempercayai situs web atau toko Anda. Yang kerennya SEO itu sendiri bisa mempengaruhi penjualan kamu sob.

Semakin terkenal situs web atau toko Anda, semakin besar produk Anda akan dijual di internet, misalnya e-commerce Shopee, Tokopedia, Bukalapak.

4. Buat domain berdasarkan tema yang Anda buat

Nah, sebenarnya saya taruh di nomor pertama, buat nama domain dengan kata kunci untuk produk yang Anda jual. Jangan sampai Anda menjual barang elektronik, tapi nama domainnya "tentang makanan".

Karena nama domain ini sudah sangat paten, maka ketika anda berbisnis di internet kedepannya jangan asal-asalan membuat nama domain ya sobat. Di mesin pencari, Google juga menempatkan domain berdasarkan niche yang dibahas situs Anda.

Jadi kemudian algoritma Google menentukan apa yang dicari orang dalam pencarian dan merekomendasikan situs web toko Anda untuk menawarkan apa yang dibutuhkan konsumen. Anda juga dapat melakukan riset kata kunci di Google Planner untuk menargetkan kata kunci yang tepat.

Demikian yang dapat saya bagikan kepada anda, semoga tujuan penjualan online semakin berkembang karena anda sudah membaca artikel saya. Jika Anda memiliki keraguan, Anda dapat bertanya di bagian komentar.