Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perkembangan Bisnis Toko Online di Indonesia



Perkembangan bisnis berupa media layanan toko online atau e-commerce yang bisa dikatakan sudah sering terdengar, perlahan mulai menunjukkan perkembangan yang begitu pesat. Sejak tahun 2012, dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, hal ini menjadi salah satu pemicu berkembangnya bisnis toko online di negara saya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan BPS (Badan Pusat Statistik) beberapa waktu lalu, hingga akhir tahun 2013 kemarin, jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 71,19 juta. Dari angka tersebut, meningkat sekitar 13% dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah pengguna internet baru pada tahun 2012 sekitar 63 juta.

Dilihat dari hasil tersebut, pertumbuhan jumlah netizen pada tahun 2013 cukup baik, dan diperkirakan jumlah ini akan terus meningkat secara bertahap hingga mencapai sekitar 30% dari total penduduk Indonesia atau sekitar 82 orang. Jutaan pengguna layanan online.

Di antara mereka, sebagian besar menggunakan layanan fasilitas Internet untuk mengirim dan menerima email, sekitar 95,75%. Selain itu, di antara pesanan selanjutnya yang menggunakan jasa internet, sekitar 78,48% digunakan untuk mencari berita terbaru, kemudian sekitar 77,81% digunakan untuk mencari informasi tentang jasa atau barang, kemudian sekitar 61,23% menggunakan internet untuk mengakses media sosial. , dan terakhir , orang yang mengunjungi agensi tersebut akan mendapatkan sekitar 65,07% informasi.

Perkembangan ini tentunya sejalan dengan perkembangan pengguna internet global. Terlepas dari tingginya tingkat aktivitas masyarakat Indonesia di Internet, orang Indonesia saat ini menjadi target para pedagang toko online di seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan pasar toko online terbesar di dunia, dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata sekitar 17%.

Dengan mulai berubahnya gaya hidup masyarakat, dan pendapatan per kapita yang terus meningkat (diperkirakan sekitar US$3.000 per tahun), hal ini juga dapat mempengaruhi kemampuan masyarakat Indonesia untuk berbelanja di dunia maya internet. Dengan meningkatnya pendapatan masyarakat Indonesia yang berpenghasilan antara 3-5 juta per bulan, masyarakat kelas menengah ke atas juga akan mampu memiliki daya beli yang cukup tinggi untuk melakukan suatu aktivitas. Dunia Internet daring.

Dengan berkembangnya pasar Internet Indonesia yang sudah merayap, bukan tidak mungkin jumlah pengguna Internet di negara kita bisa tumbuh sangat pesat bahkan dua kali lipat di tahun depan.

Sesuai dengan target yang telah ditetapkan, jumlah pengguna Internet yang saat ini beroperasi di Indonesia diperkirakan mencapai 107 juta pada tahun 2014 dan 139 juta pada tahun 2015, atau setengah dari total penduduk. Jumlah penduduk Indonesia saat ini diperkirakan mencapai 248 juta jiwa.

Dari kenyataan tersebut di atas, tentunya kita tidak boleh berkecil hati untuk menciptakan peluang dalam bisnis toko online di Internet. Tetap semangat untuk sukses.