Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Laporan Pendamping PKH Bulan Desember Tahun 2019





KATA PENGANTAR

Puji dan syukur mari kita panjatkan ke hadirat Allah, Tuhan yang maha kuasa Tuhan yang maha perkasa Tuhan penggenggam alam semesta Dia lah Allah Swt Tuhan bagi seluruh alam. Kepada-Nya lah semua umat berlindung memohon ampunan dan petunjuk demi kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Berkat nikmat dan karuni-Nya penulis dapat menyusun laporan kegiatan Program Keluarga Harapan. Rahmat beserta salam semoga tetap di limpah curahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW.
Program Keluarga Harapan adalah jembatan penyelamat, tangga penghubung untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat. Program Keluarga Harapan adalah program pemerintah ntuk mengurangi angka kemiskinan. Pada tahap berikutnya PKH juga bertujuan untuk meningkatkan dan memotivasi warga miskin akan pentingnya pandidikan dan kesehatan. Dengan kata lain ada dua bidikan utama yang hendak di gapai melaui program keluarga harapan tersebut. Mengingat bahwa dua hal tersebut merupakan faktor utama (main factor) penentu kesejahteraan masyarakat.
Dalam kesempatan ini, penyusun hendak memberikan laporan kegiatan di beberapa desa dampingan (Desa Padang Kasab, Puuek, Seunobok Teungoh, Garab, Bale Daka, Keude Plimbang, Kuta Trieng, Seunubok Seumawe, Seunubok Aceh, Seunubok Plimbang, Seunubok Nalan, Krueng Baro, Teupin Panah, Uteun Sikumbong, Uteuen Rungkong, Rambong Payong, Matang Kule, Cot Geulumpang, Jambo Dalam, Paloh Pupu, Seuneubok Punti). Laporan kegiatan ini bersumber dari service provider (Faskes/Fasdik) sebagai mitra kerja dalam menyukseskan Program Keluarga Harapan. Pada tahap berikutnya laporan kegiatan ini diambil dari kegiatan diskusi atau pertemuan kelompok penerima program (KSM) . kegiatan ini juga bermanpaat bagi pendamping untuk bisa mengenal kondisi dan potensi masyarakat juga sebagai gerbang awal untuk memotret realitas masyarakat setempat. Oleh karena itu setelah melakukan kegiatan tersebut penyusun memandang perlu untuk membuat laporan.
Akhirnya penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan laporan ini. Kritik dan saran yang membangun sangat penyusun harapkan, mengingat  laporan ini masih jauh dari kesempurnaan.  .                                               

Peulimbang, 31 Desember 2015


(FAUZAN, S.Pd.I)














DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR                                                                                  
DAFTAR ISI                                                                                                 
BAB I.   PENDAHULUAN                                                                           
A.    Pendahuluan                                                                                      
B.    Tujuan                                                                                    
BAB II. REALISASI KEGIATAN BULAN DESEMBER 2015    
BAB III. PERMASALAHAN DAN UPAYA PENYELESAIAN                                                      
A.    Kendala Dan Permasalahan                                                               
B.    Upaya Penyelesaian                                                                          
BAB IV RENCANA KEGIATAN BULANJANUARI 2016                                                                     
BAB V. PENUTUP                                                                                                                                                                                         
A.    Kesimpulan                                                                                                  
B.    Saran                                                                                                             
LAMPIRAN                                                                                                  














BAB I
PENDAHULUAN
A.    Pendahuluan
Keberadaan PKH bertujuan untuk meningkatkan kondisi sosial ekonomi KSM, meningkatkan taraf pendidikan anak-anak KSM serta meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil dan balita KSM. Pada akhirnya, PKH diharapkan tdak sekedar mampu menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan sumber daya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin , tetapi dapat juga memutuskan rantai kemiskinan itu sendiri. Kegiatan yang dilakukan pada bulan Desember 2015 sebagaimana akan dipaparkan dalam laporan ini adalah sebagai lanjutan kegiatan yang telah dilakukan oleh Pendamping pada bulan sebelumnya. Penekanan pada bulan Desember 2015 lebih kepada persiapan pelaksanaan pembayaran tahap IV yang akan dimulai pada tanggal 21 Desember 2015 untuk tingkat kabupaten, sementara untuk dikecamatan sesuai jadwal tersusun. Untuk Kecamatan Peulimbang pada desa dampingan saya dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2015.
B.    Tujuan
Kiranya dengan adanya program keluarga harapan ini akan mempercepat penanggulangan kemiskinan dahn pengembangan system jaminan sosial melalui pemeberian bantuan tunai bersyarat kepada KSM. Dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya pendidikan dan kesehatan. Demikian laporan bulanan ini kami buat, semoga laporan ini dapat dijadikan acuan untuk lebih baik kedepannya.Selaku pendamping PKH kecamatan Peulimbang, sebagai bahan pelaporan dan evaluasi kerja pada bulan bulan yang akan datang. Kami menyadari bahwa dalam proses bekerja kami masih banyak mengalami kendala dan masih banyak kekurangan, untuknya itu kami selalu belajar dan selalu mengevaluai kinerja kami secara pribadi sebagai pendamping.




BAB II
REALISASI KEGIATAN BULAN DESEMBER
NO
URAIAN KEGIATAN
OUTPUT
1.
Rapat Koordinasi Pendamping pada sekretariat UPPKH kab.
Berbagi Ilmu sesama pendamping dan operator
2.
Pertemuan Kelompok Bulanan PKH kec. Peulimbang
Memantapkan Komitmen KSM PKH
3.
Koordinasi  pada pos untuk pembayaran pkh tahap IV tahun 2015
Mendapatkan jadwal dan slip penarikan
4.
Penjadwalan pembayaran PKH
Memudahkan pendamping dalam pembayaran
5.
Pendampingan Pembayaran PKH pada kantor Pos
KSM antusias dalam pembayaran PKH dan tidak terjadi keributan dalam pembayaran
6.
Pengisian form CKP Bulanan
Mendapatkan tanda tangan Kepala POS
7.
Membuat laporan kegiatan Bulanan Pendamping`
Membuat seluruh kegiatan yang pendamping lakukan selama 1 bulan pendampingan KSM
8.
Penyetoran laporan bulanan pendamping dan CKP
Terpenuhinya kewajiban pendamping PKH dalam bekerja maksimal





BAB III

PERMASALAHAN DAN UPAYA PENYELESAIAN
  1. Kendala dan Permasalahan
NO
KENDALA DAN MASALAH
PENYEBAB MASALAH
1.
Masih banyak anak peserta PKH yang absen di sekolah
Kurangnya perhatian orang tua
2.
Masih banyak anak peserta PKH yang absen di posyandu
Kurangnya perhatian orang tua

  1. Upaya Penyelesaian
NO
KENDALA DAN MASALAH
UPAYA PENYELESAIAN
1.
Masih banyak anak peserta PKH yang absen di sekolah ataupun di posyandu
Pendamping memberikan arahan dan bimbingan kepada KSM untuk menyuruh anaknya menuntut ilmu, karena ilmu sangat penting dalam kehidupan
2.
Masih banyak anak peserta PKH yang absen di posyandu
Pendamping memberikan arahan dan bimbingan kepada KSM untuk membawa anaknya ke Posyandu karena kesehatan kunci kecerdasan anak.










BAB IV
RENCANA KEGIATAN BULAN JANUARI 2016
           
NO
URAIAN KEGIATAN
JADWAL RENCANA KEGIATAN
M1
M2
M3
M4
1.
Rapat Koordinasi



2.
Pemutakhiran data



3.
Verifikasi Faskes

4.
Verifikasi Fasdik



















BAB V

PENUTUP
A.    Kesimpulan
Kesimpulan dari laporan ini adalah :
1.       Penyerapan dana bantuan PKH pada pembayaran pertama tahap keempat terlaksana 100%  dengan tidak ada kendala yang serius.
2.       Adanya dukungan yang kuat dari perangkat desa dan jajarannya dapat membantu kelompok PKH dalam melaksanakan pemberdayaan pada kelompoknya, serta dapat membantu dalam pelaksanaan produksi kelompok.
3.       Sudah terjalinnya koordinasi dan  komunikasi pada tingkat pendamping kabupaten, serta sharing strategi dalam pelaksanaan tugas pendampingan.
B.    Saran
Sebagai saran untuk pencapaian peningkatan pelaksanaan PKH di Kecamatan Peulimbang secara khusus dan di Kabupaten Bireuen umumnya ada beberapa hal :
1.     Perlu adanya peningkatan intensitas sosialisasi antar dinas terkait di tingkat kabupaten agar bisa lebih membantu sinergi pelaksanaan program di tingkat satker dalam kecamatan masing-masing pendamping.
2.     Perlu adanya upaya dari dinas terkait dalam upaya membantu pendamping dalam pemberdayaan kelompok PKH terutama yang telah terbentuk KUBE pada kelompoknya.
3.     Perlu adanya suport dana terkait sosialisasi dan promosi program-program pemberdayaan kelompok PKH yang dilakukan oleh pendamping dari Dinas dan Instansi terkait demi tercapainya tujuan bersama PKH.
4.     UPPKH Kabupaten perlu membentangkan terget program bulanan berikutnya agar dapat dijadikan refrensi dalam penetapan rencana kerja dan tergeting pendamping  dalam pelaksanaan tugas di lapangan.
5.     Perlu pengorganisasian kerja terkait banyaknya KSM yang belum terakomodir dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan ditahun pertama secara terstruktur dan kesepakatan persepsi tentang batasan calon peserta yang akan diusulkan.
6.     Perlu adanya upaya dari dinas terkait tentang status desa hasil pemekaran, agar mudah dalam pemetaan wilayah dan kepastian alamat KSM peserta dan calon peserta PKH.