Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Lembaga Tuha Peut Gampong Berkewajiban Mendorong Tata Kelola Pemerintahan Gampong yang Baik


LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang keanggotanya merupakan wakil dari penduduk Gampong yang dipilih berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

Dalam sistem pemerintahan Gampong, LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) memiliki peran yang sangat penting dan strategis. Sebagai wakil dari masyarakat Gampong, LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) memiliki power atau kekuatan yang besar untuk memperjuangkan aspirasi warga, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Gampong bersama Kepala Gampong.

Selain itu, LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT)juga bertugas mengawasi kinerja kepala Gampong, pelaksanaan pembangunan Gampong serta mengevaluasi Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Gampong (LKPPD).

LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) juga berkewajiban mengawasi dan memonitoring penggunaan anggaran belanja pembangunan Gampong (APBG) dan berkewajiban pula dalam mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan Gampong yang baik dan bersih.

Dalam Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 terdapat 13 tugas (LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT)) sebagai berikut:
  1. menggali aspirasi masyarakat;
  2. menampung aspirasi masyarakat;
  3. mengelola aspirasi masyarakat;
  4. menyalurkan aspirasi masyarakat;
  5. menyelenggarakan musyawarah LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT);
  6. menyelenggarakan musyawarah Gampong;
  7. membentuk panitia pemilihan Keuchiek Gampong;
  8. menyelenggarakan musyawarah Gampong khusus untuk pemilihan Kepala Gampong antarwaktu;
  9. membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Gampong bersama Kepala Gampong;
  10. melaksanakan pengawasan terhadap kinerja Kepala Gampong;
  11. melakukan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan Pemerintahan Gampong;
  12. menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Pemerintah Gampong dan lembaga Gampong lainnya; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.
Dari tugas - tugas LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) diatas, dengan jelas mengambarkan bahwa LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) memiliki fungsi, peran dan tugas yang besar dalam pelaksanaan sistem pemerintah Gampong.

Namun, dalam implementasi dilapangan fungsi dan tugas LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) belum dapat berjalan secara optimal. Hal ini tentu dipengaruhi oleh beragam faktor. Diantaranya, tugas LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) belum tersosialisasikan secara maksimal kepada masyarakat Gampong, sehingga ruang gerak LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) menjadi lemah.

Lemahnya fungsi LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) dalam penyelenggaraan pemerintahan Gampong dikhawatirkan akan mengganggu mekanisme check and balances, yang pada gilirannya kekuasaan akan di dominasi oleh pihak eksekutif.

Pada sisi yang lain, ditemukan masih terdapat semacam ketidakrelaan lembaga LEMBAGA TUHA PEUT GAMPONG (TUHA PEUT) kuat di Gampong. Semoga bermanfaat.