Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download: Format Exxel Rencana Anggaran BIaya (RAB) untuk kegiatan di Desa


Dikutip dari zonasipil.com, Rencana Anggaran Biaya ( RAB) merupakan estimasi biaya dalam proyek konstruksi yang ditunjukan untuk menaksirkan/ memperkirakan nilai pembiayaan pada suatu proyek. Dalam proses konstruksi, RAB sendiri dibuat oleh berbagi pihak sesuai dengan kepentingan masing-masing, mulai dari pemilik (owner), Konsultan teknik ( perencana), hingga kontraktor ( pelakasan).

Rencana Anggaran Biaya atau disingkat RAB ini sangat penting dimiliki oleh desa sebagai penatausahaan keuangan karena bagaimanapun desa harus akuntabel dalam pengelolaan keuangan desa. Dana yang besar yang mengalir ke kas desa melalui APBN/APBD mengharuskan seorang bendahara mampu secara administratif dalam pengelolaan keuangan tersebut.

Salah satu format yang harus diketahui adalah RAB atau format Rencana Anggaran Biaya karena itu Rencana Anggaran BIaya (RAB) sangat penting dalam hal pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan di desa. Tanpa Rencana Anggaran BIaya (RAB) penggunaan keuangan dalam kegiatan di desa akan semberawut dan tidak akuntabel. Setelah saya bahas bagaimana cara membuat format buku bank desa seperti yang telah saya tulis.