Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Asbabun Nuzul surat al-Isra ayat 1-5


A.    Asbabun Nuzul


Secara etimologis asbab al nuzul terdiri dari kata “asbab” (bentuk plural dari kata “sabab”) yang mempunyai arti latar belakang, alasan atau sebab/ illat[1]  sedang kata “nuzul” berasal dari kata “nazala” yang berarti turun[2]. Dengan demikian asbab al nuzul adalah suatu konsep, teori, atau berita tentang sebab-sebab turunnya wahyu tertentu dari Al-quran kepada Nabi Muhammad, baik berupa satu ayat maupun rangkaian ayat[3]. Para ulama berpendapat bahwa berkaitan dengan latar belakang turunnya, ayat-ayat Alquran turun dengan dua cara. Pertama, ayat-ayat yang diturunkan oleh Allah tanpa suatu sebab atau peristiwa tertentu yang melatarbelakangi. Kedua, ayat-ayat yang diturunkan karena dilatarbelakangi oleh peristiwa tertentu. Berbagai hal yang menjadi sebab turunnya ayat inilah yang kemudian disebut dengan asbab al nuzul.
Secara umum asbab al-nuzul adalah segala sesuatu yang menjadi sebab turunnya ayat, baik untuk mengomentari, menjawab, ataupun menerangkan hukum pada saat sesuatu itu terjadi. Dengan denikian (menurut definisi tersebut) yang harus diperhatikan adalah bahwa berbagai peristiwa masa lalu pada jaman para nabi dan rosul tidak termasuk asbab al-nuzul[4]. Disisi lain, mengetahui waktu, tempat, dan orang-orang dalam segala seluk-beluk kisah suatu ayat atau surah mempunyai pengaruh yang besar dalam mengukur kedalaman makna ayat dan mengungkap tabir yang terselubung didalamnya. Begitu pula sebaliknya, ketidaktahuan terhadap semua itu akan menyebabkan timbulnya kekeliruan, bahkan bisa menimbulkan pengamalan yang berlawanan dengan yang dikehendaki oleh suatu ayat.
Terkadang al-Qur’an diturunkan memiliki sebab, dan terkadang al-Qur’an diturunkan tidak memiliki sebab, salah satu ayat yang tidak memiliki asbabun nuzul adalah surat al-Isra ayat 1-5.



[1] Adul Hamid Mahmud Mutawalli, Mustanir Fii Ulumil Qur’an, Cet. Ke-1, ( Kairo: Maktab Musthafa Al-Halabi, 1991 / 1411 H ), hal. 29.

[2] Ibid., hal. 30.

[3] Ibid.,

[4] Ibid.,