Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Macam-Macam Sistem Pendidikan Bagi Anak Cacat Mental


A.    Macam-Macam Sistem Pendidikan Bagi Anak Cacat Mental
Macam-Macam Sistem Pendidikan Bagi Anak Cacat Mental

Pendidikan luar biasa diibaratkan sebagai sebuah kendaraan dimana siswa penyandang cacat, meskipun berada di sekolah umum, diberi garansi untuk mendapatkan pendidikan yang secara khusus dirancang untuk membantu mereka mencapai potensi maksimalnya. Pendidikan luar biasa tidak dibatasi oleh tempat khusus. Pemikiran kontemporer menyarankan bahwa layanan sebaiknya diberikan di lingkungan yang lebih alamiah dan normal yang sesuai dengan kebutuhan anak. Seting seperti itu bisa dilakukan dalam bentuk program layanan di rumah bagi anak-anak prasekolah penyandang cacat, kelas khusus di sekolah umum, atau sekolah khusus untuk siswa-siswa yang gifted dan berbakat. Pendidikan luar biasa bisa diberikan di kelas-kelas pendidikan umum.
Individu-individu penyandang cacat hendaknya dipandang sebagai individu yang sama bukannya berbeda dari teman-teman sebaya lainnya. Juga harus selalu diingat, bahwa pandanglah mereka sebagai pribadi bukan kecacatannya, dan pusatkan perhatian pada apa yang dapat mereka lakukan daripada pada apa yang tidak dapat mereka lakukan.
Adapun macam-macam sistem pendidikan bagi anak cacat mental adalah sebagai berikut:

1.     System pendidikan segregasi
Sistem pendidikan dimana anak berkelainan terpisah dari system pendidikan anak normal.penyelenggaraan system pendidikan segregasi dilaksanakan secara khusus dan terpisah dari penyelnggaraan pendidikan untuk anak normal.
Keuntungan system pendidikan segregasi:
1)     Rasa ketenangan pada anak luar biasa
2)     Komunikasi yang mudah dan lancar
3)     Metode pembelajaran yang khusus sesuai dengan kondisi dan kemampuan anak.
4)     Guru dengan latar belakang pendidikan luar biasa
5)     Mudahnya kerjasama dengan multidisipliner.
6)     Sarana dan prasarana yang sesuai.
Kelemahan system pendidikan segregasi:
1)     Sosialisasi terbatas
2)     Penyelenggaraan pendidikan yang relative mahal
Bentuk-bentuk system pendidikan segregasi:
1)     Sekolah Luar Biasa
2)     Sekolah Dasar Luar Biasa
3)     Kelas Jauh/Kelas Kunjung
4)     Sekolah Berasrama
5)     Hospital School
2.     Sistem pendidikan integrasi
Sistem pendidikan bagi siswa luar biasa yang bertujuan memberikan pendidikan yang memungkinkan anak luar biasa memperoleh kesempatan mengikuti proses pendidikan bersama dengan siswa normal agar dapat mengembangkan diri secara optimal.
Keuntungan system pendidikan integrasi
1)   Merasa diakui kesamaan haknya dengan anak normal terutama dalam  memperoleh pendidikan
2)   Dapat mengembangakan bakat ,minta dan kemampuan secara optimal
3)   Lebih banyak mengenal kehidupan orang normal
4)   Mempunyai kesempatan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi
5)   Harga diri anak luar biasa meningkat
6)   Dapat menumbuhkan motiasi dalam belajar[1]

Dewasa ini peran lembaga pendidikan sangat menunjang tumbuh kembang anak dalam berolah yste maupun cara bergaul dengan orang lain.Selain itu,lembaga pendidikan tidak hanya sebagai wahana untuk ystem bekal ilmu pengetahuan, namun juga sebagai lembaga yang dapat member skill atau bekal untuk hidup yang nanti di harapkan dapat bermanfaat didalam masyarakat.
Sementara itu lembaga pendidikan tidak hanya ditunjukkan kepada anak yang memiliki kelengkapan fisik,tetapi juga kepada anak yang memiliki keterbelakangan mental.mereka di anggap sosok yang tidak berdaya,sehingga perlu dibantu dan dikasihani untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu disediakan berbagai bentuk layanan pendidikan atau sekolah bagi mereka. Pada dasarnya pendidikan untuk berkebutuhan khusus sama dengan pendidikan anak-anak pada umumnya.



               [1] Singgih Gunarsa, Yulia Singgih Gunarsa, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Jakarta: BPK, Gunung Mulia, 1989), hal. 205.