Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hubungan Sekolah dan Masyarakat


A.    Hubungan Sekolah dan Masyarakat Di MIN Cot Batee Kabupaten Bireuen

 Hubungan Sekolah dan Masyarakat Di MIN Cot Batee Kabupaten Bireuen

Kegiatan pendidikan pada hakekatnya adalah pembangunan manusia dan pembangunan seluruh masyarakat yang maju dan berkepribadian. Karena itu pendidikan sebagai bagian dari kebudayaan tidak berdiri sendiri sebab pendidikan adalah suatu institusi di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu kejadian-kejadian atau masalah-masalah yang terjadi di masyarakat dengan sendirinya pula, sedikit atau banyak akan berpengaruh terhadap pendidikan. Demikian juga sebaliknya setiap perubahan suatu rencana dengan sendirinya akan memperlihatkan pengaruh dalam masyarakat walaupun mungkin menunggu dalam jangka tertentu. Sebagai contoh sederhana pembangunan gedung sekolah dasar (SD) yang bagus disuatu desa dan dilengkapi dengan fasilitas yang sesuatu dengan standar serta dibarengi dengan guru yang pandai mengajar dengan sendirinya akan meningkatkan keinginan anak-anak untuk bersekolah dan keinginan orang tua untuk menyekolahkan anaknya.
Berdasarkan pengakuan Ibu Fatimah, S.Pd.I bahwa tidak dapat kita pungkiri bahwa perubahan yang terjadi dalam pernecanaan pendidikan akan sangat berpengaruh terhadap masyarakat atau sistem sosial. Hal ini dikarenakan pendidikan berkaitan dan saling pengaruh mempengaruhi bahakan saling bergantung. Karena itu seorang pereencana pendidikan perlu mngetahui aspek-aspek sosial dan ekonomi yang mempunyai hubungan dan peran dalam pertutmbuhan dan perubahan pendidikan. Dan perlu di sadari bahwa masing-masing aspek memberikan pengaruh yang berbeda-beda kepada perencanaan pendidikan[1].
Berdasarkan hasil observasi penulis pada MIN Cot Batee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen bahwa dalam membangun hubungan sekolah dengan masyarakat disekitarnya mereka sudah sangat baik, hal ini ditandai dengan pembentukan Komite Sekolah, dengan adanya pembentukan tersebut berarti telah terjalin hubungan antara sekolah dan masyarakat[2].


[1] Hasil Wawancara dengan Ibu Fatimah, S.Ag Guru  MIN Cot Batee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen tanggal 17 Juli 2011.

[2] Hasil observasi penulis di MIN Cot Batee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen tanggal 17 Juli 2011.