Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kurikulum MAN Tanah Jambo Aye


1.     Kurikulum MAN Tanah Jambo Aye
  Kurikulum MAN Tanah Jambo Aye

Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas madrasah,begitu juga usaha untuk menuju kekesatuan sistem pendidikan nasional dalam rangka pembinaan semakin ditingkatkan.
Sebagaimana telah diketahui sistem Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) tiga materi telah memberikan efek yang besar terhadap perkembangan madrasah, tidak terkecuali halnya dengan kurikulum. Di dalam SKB tiga materi telah ditetapkan tentang pembakuan kurikulum sekolah umum dan madrasah yang isinya antara lain:
a.      Ijazah madrasah mempunyai nilai yang sama dengan nilai ijazah sekolah umum.

b.     Lulusan madrasah dapat melanjutkan ke PTN yang bagus.
c.      Siswa madrasah dapat berpindah ke sekolah umum yang setingkat.[1]
Maka bila dilihat MAN Tanah Jambo Aye  memiliki kurikulum yang merupakan perpaduan antara kurikulum yang menyangkut agama. Namun demikian madrasah memiliki perbedaan dengan sekolah umum yaitu jam pelajaran agama yang lebih banyak dari sekolah umum. Ini memberikan nilai lebih bagi madrasah.
Dari sini dapat dilihat bahwa MAN Tanah Jambo Aye  menjadi alternatif yang baik bagi umat Islam yang ingin anaknya dapat unggul disegala bidang, baik dalam urusan duniawi manapun urusan ukhrawi.[2]
Di samping itu untuk meningkatkan kualitas siswa MAN Tanah Jambo Aye  juga melaksanakan berbagai macam kegiatan ekstra kurikuler. Banyak sekali kegiatan ekstra kurikuler yang mendidik siswa untuk dapat mengembangkan bakatnya. Di antaranya: pramuka, seni olahraga, kegiatan praktek ibadah dan mengaji Al-Qur'an.
Adapun kurikulum[3] yang digunakan secara garis besar membahas tentang:


a.      Aqidah
Dalam kurikulum aqidah ini akan membahas mengenai syahadataini asma Allah, sifat-sifat Allah dan Rasul, maksiat bathin, dosa-dasa besar serta membahas rukun iman secara lengkap dan beberapa materi lainnya.

b.     Ibadah
Dalam kurikulum ibadah ini dibahas mengenai thaharah, shalat, melaksanakan puasa di bulan ramadhan, haji, kitab munakahat, mawaris dan sebagainya yang berhubungan dengan materi ibadah.

c.      Akhlaq
Kurikulum ini akan membahas mengenai akhlak kepada Allah, kepada orang tua, saudara-saudara, tetangga, sesama agama, sesama manusia dan akhlak terhadap lingkungannya.

d.     Bahasa
Dalam materi kurikulum bahasa akan membahas mengenai nahwu, sharaf, balaghah dan berbagai macam ilmu lainnya yang ada hubungannya dengan bahasa, baik itu bahasa Arab, maupun bahasa Inggris.

e.      Pengetahuan Umum
Dalam materi ini akan dibahas mengenai biologi, fisika, matematika dan yang berhubungan dengan ilmu umum baik itu yang esksakta maupun ilmu sosial.
Kurikulum di atas adalah kurikulum yang tertuang secara umum. Secara lebih rinci dapat dilihat dalam tabel berikut ini:
Tabel: 3. 4 Kurikulum MAN Tanah Jambo Aye Menurut Masing-Masing Kelas
No
Materi Pelajaran
Kelas
I
II
III
1
2





3
4
5
6
7
8
9
10
Pendidikan Pancasila
Pendidikan agama Islam
 a.     Qur’an Hadits
b.     Aqidah Akhlak
 c.     Fiqh
d.     SKI
 e.     Bahasa Arab
Bahasa Indonesia
Matematika
Ilmu pengetahuan alam
Ilmu pengetahuan sosial
Kerajinan tangan
Pendidikan jasmani dan kesehatan
Bahasa Inggris
Muatan local
2
-
1
2
2
1
3
6
6
6
6
2
2
4
2
2
-
1
2
2
1
3
6
6
6
6
2
2
4
2
2
-
1
2
2
1
3
6
6
6
6
2
2
4
2
Jumlah Total
45
45
45
Sumber Data: Dokumentasi MAN Tanah Jambo Aye 

2.        Tujuan Pengajaran MAN Tanah Jambo Aye 
Madrasah merupakan lembaga sekolah yang memadukan dua komponen kurikulum. Madrasah menggunakan dua kurikulum yaitu kurikulum sekolah umum dan sekolah agama. Oleh karena itu, madrasah mempunyai tujuan tersendiri dalam proses pembelajaran. Tujuan adalah arah dalam melaksanakan sesuatu kegiatan. Dalam hal ini menyangkut pembinaan manusia seutuhnya.
Tujuan pengajaran pada MAN Tanah Jambo Aye  terutama sekali untuk mencetak siswa siswi yang berpotensi baik segi pengetahuan umum dan pengetahuan agama. Di mana nantinya siswa dapat menerapkan ilmu yang telah didapatnya dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk urusan dunia maupun maupun urusan akhirat.
Di samping itu tujuan pengajaran untuk mengembangkan potensi guru dalam mengajar, di mana guru harus dituntut untuk terus mengembangkan potensi dalam mengajar agar dapat memberikan yang terbaik kepada siswanya. Agar nantinya siswa dapat menerima ilmu yang diberikan guru dengan baik.
Keberhasilan madrasah tidak terlepas dari perjuangan dari umat Islam, terutama Departemen Agama dan ormas-ormas Islam yang memberikan perhatian yang lebih terhadap madrasah, sehingga banyaknya rintangan tak menjadi penghalang bagi perkembangannya, karena cita-cita pengembangan agama merupakan faktor-faktor penggerak utama dalam keberlangsungan proses belajar mengajar di madrasah.
Adapun tujuan didirikan madrasah dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu, tujuan umum dan tujuan khusus. Sebagaimana dalam uraian berikut ini:
1.     Tujuan Umum
Adapun tujuan umum itu diarahkan untuk membentuk insan yang bertaqwa, cerdas, berbudi pekerti, luhur, bertanggung jawab, sesuai dengan ajaran-ajaran Islam dan menanam rasa keagamaan tersebut pada semua segi kehidupan serta menjadikan sebagai orang berguna bagi agama, masyarakat dan Negara.
2.     Tujuan Khusus
              Tujuan khusus ini dikembangkan untuk:
a.      Mendidik siswa agar dapat menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama sehingga mampu menjadi manusia yang arif.
b.     Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif sehingga siswa dapat berkembang dengan optimal sesuai dengan kemampuan.
c.      Mendorong dan membantu siswa untuk mengenal potensi dirinya sehingga siswa dapat dikembangkan dengan optimal.
d.     Mencetak siswa siswi yang unggul dan berpotensi agar dapat bersaing di era globalisasi yang semakin maju.[4]
Berdasarkan gambaran di atas, jelaslah bahwa tujuan dari MAN Tanah Jambo Aye  adalah untuk membentuk pribadi-pribadi yang beriman, berakhlak mulia dan menegakkan agama serta handal dan tangguh dalam menghadapi kehidupan dan tantangan.
Dari tujuan di atas, membuktikan bahwa para lulusan MAN Tanah Jambo Aye  dapat diukur dari beberapa indikator sehingga ciri khas dari lulusan MAN Tanah Jambo Aye  antara lain sebagai berikut:
1)    Pribadi yang mampu memiliki semangat untuk mendalami dan melaksanakan Syari'at Islam.
2)    Pribadi yang mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah umum lainnya dalam hal kemajuan ilmu pengetahuan.
3)    Pribadi yang mampu mengasah dan mengenali potensi dirinya agar dapat berkembang dengan optimal.
4)    Mampu menjadi pribadi yang handal dalam bidang agama kepada agama dan bangsa, serta Negara.[5]
Dari gambaran di atas, maka dapat dipahami bahwa tujuan MAN Tanah Jambo Aye  untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu membina diri sendiri dan masyarakat sesuai dengan kaidah keagamaan. Jelaslah tujuan MAN Tanah Jambo Aye  bersumber dari agama serta membekali para siswa tidak hanya dengan ilmu pengetahuan umum, namun dapat memadukannya dengan ilmu pengetahuan agama yang berlandaskan kepada Al-Qur'an dan hadits.


[1]Wawancara dengan Ibu Maryati, Guru Qur'an Hadits Bapak Saifullah, S.Pd I. tanggal 24 Oktober 2008

[2]Wawancara dengan Guru Qur'an Hadits, Ibu Ainsyah, S.Pd I. tanggal 14 Oktober 2008

[3]Departemen Agama Republik Indonesia , GBPP., hal. 2
[4]Wawancara dengan Kepala Sekolah Bapak Saidi, S.Pd tanggal 13 Oktober 2008
[5]Wawancara dengan Kepala Sekolah Bapak Saidi, S.Pd. tanggal 13 Oktober 2008