Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pentingnya Hubungan Sekolah dan Masyarakat


A.    Pentingnya Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Peningkatan Mutu pembelajaran.

Pentingnya Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Peningkatan Mutu pembelajaran

Penyelenggaraan pendidikan dalam konteks manajemen berbasis sekolah menuntut sekolah untuk mengikutsertakan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, terutama, dalam aspek pengambilan kebijakan karena sekolah adalah milik masyarakat, mengambil input dari masyarakat dan memberikan outputnya kepada masyarakat, maka sekolah harus menyadari arti pentingnya kehadiran masyarakat dalam upaya memberikan layanan pendidikan yang bermutu. pentingnya hubungan sekolah dan masyarakat itu terutama dengan kita, dapat pula ditinjau dari sudut pandang historis sebagai berikut: Pertama, dari sejarah kita mengetahui bahwa pada zaman kolonial Belanda dahulu, sekolah-sekolah sengaja disosialisasikan dari kehidupan masyarakat sekitar. Kedua, dalam zaman kemerdekaan ini sekolah merupakan lembaga pendidikan yang seharusnya mendidik generasi muda untuk hidup di masyarakat. Ketiga, Sekolah haruslah merupakan tempat pembinaan dan pengembangan pengetahuan dan kebudayaan yang sesuai dan dikehendaki oleh masyarakat tempat sekolah itu didirikan. Keempat, Sebaliknya masyarakat harus dan wajib membantu dan bekerjasama dengan sekolah agar apa yang diperoleh dan dihasilkan sekolah sesuai dengan apa yang dikehendaki dan dibutuhkan oleh masyarakat[1].
Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Iswadinur, S.Pd. I bahwa hubungan sekolah dengan masyarakat di MIN Cot Batee Kabupaten Bireuen merupakan jalinan interaksi yang diupayakan oleh sekolah agar dapat diterima di tengah-tengah masyarakat untuk mendapatkan aspirasi, simpati dari masyarakat. Dan mengupayakan terjadinya kerjasama yang baik antar sekolah dengan masyarakat untuk kebaikan bersama, atau secara khusus bagi sekolah penjalinan hubungan tersebut adalah untuk mensuksekan program-program sekolah yang bersangkutan sehingga sekolah tersebut bisa tetap eksis[2].
Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak kepala sekolah MIN Cot Batee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen bahwa hubungan sekolah dan masyarakat sangat penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran disekolah, karena masyarakat dan sekolah dapat bekerja sama membangun komunikasi yang efektif dalam mencapai keberhasilan pendidikan disekolah[3].
Penulis juga mewawancarai Komite Sekolah MIN Cot Batee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen yaitu Tengku Ibrahim M. Yusuf dan menurut penuturannya kepada penulis bahwa hubungan sekolah dan masyarakat sangat penting, karena anak yang sekolah di MIN Cot Batee merupakan anak dari masyarakat sekitar sekolah, tanpa adanya hubungan yang baik antara sekolah dengan masyarakat, maka sekolah tidak akan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa[4].


[1] Hasil Wawancara dengan Bapak Iswadinur, S.Pd. I  MIN Cot Batee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen tanggal 17 Juli 2011
[2] Hasil Wawancara dengan Bapak Iswadinur, S.Pd. I Guru MIN Cot Batee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen tanggal 17 Juli 2011.

[3] Hasil Wawancara dengan Ibu Leli Marlina, A.Ma guru MIN Cot Batee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen tanggal 18 Juli 2011.

[4] Hasil Wawancara dengan Tgk. Ibrahim Komite Sekolah MIN Cot Batee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen tanggal 22 Juli 2011.