Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tujuan Guru Kreatif


Tujuan guru kreatif

Sebagai orang yang kreatif, guru menyadari bahwa kreativitas merupakan yang universal dan oleh karenanya semua kegiatannya ditopang, dibimbing dan dibangkitkan oleh  kesadaran itu. Guru sendiri adalah seorang kreator dan motivator, yang berada di pusat proses  pendidikan. Akibat dari  fungsi   ini,  guru   senantiasa  berusaha untuk menemukan cara yang lebih baik dalam melayani peserta didik, sehingga peserta didik akan menilainya bahwa ia memang kreatif dan melakukan sesuatu secara rutin saja.
Kreativitas menunjukkan bahwa apa yang akan dikerjakan oleh   guru sekarang lebih  baik dari yang telah dikerjakan sebelumnya dan apa yang dikerjakan di masa mendatang lebih   baik   dari sekarang.[1]
Adapun tujuan  dari guru  yang  kreatif antara  lain sebagai berikut[2]
1) Untuk menciptakan suasana iklim pembelajaran yang lebih kondusif, dapat membangkitkan rasa   ingin   tahu   peserta didik.
2) Untuk menelusuri agar proses pembelajaran anak tetap sesuai rencana.
3) Untuk mengecek apakah kelemahan-kelemahan yang dialami anak   didik dalam proses pembelajaran.
4) Untuk mencari dan menemukan hal-hal yang menyebabkan terjadinya kelemahan dan kesalahan dalam proses pembelajaran.
5) Untuk membantu  meningkatkan  motivasi  dan  prestasi  belajar peserta didik.
6) Untuk menyimpulkan apakah anak didik telah mencapai kompetensi yang ditetapkan atau belum.


[1] E.  Mulyasa,   Menjadi   Guru  Profesional   (Menciptakan   Pembelajaran   Kreatif dan Menyenangkan),  (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004) h. 52.
[2] Utami Munandar, Kreatifitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat, (Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1999), h. 17.