Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelaksanaan Keamanan Pangan Di Desa Dalam Permendes 7/2020

Pelaksanaan Keamanan Pangan Di Desa Dalam Permendes 7/2020

Pelaksanaan keamanan pangan harus dimulai dari individu, keluarga, hingga masyarakat, termasuk di perdesaan. Oleh karena itu, masyarakat Desa harus meningkatkan kemandirian dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman. Untuk meningkatkan kemandirian masyarakat Desa perlu dilaksanakan kegiatan keamanan pangan secara berkelanjutan. Kegiatan keamanan pangan yang dapat dilakukan di Desa antara lain:

  • Pembentukan dan Pelatihan Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD) KKPD yang dilatih dapat berasal dari kelompok PKK, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Anggota Karang Taruna, Guru, dan lain lain. KKPD akan bertugas untuk melakukan: a. sosialisasi keamanan pangan kepada masyarakat; b. pendampingan pada pelaku usaha pangan untuk penerapan cara produksi pangan yang baik; dan c. koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk membantu pengawasan terhadap produk pangan yang beredar di desa.
  • Sosialisasi keamanan pangan kepada masyarakat dan pelaku usaha pangan. Sasaran sosialisasi antara lain: a. ibu rumah tangga; b. anak-anak, pemuda, dan lain lain; c. pelaku usaha pangan: 1) industri rumah tangga pangan; 2) kelompok usaha bersama; 3) pedagang kreatif lapangan; dan 4) penjaja pangan di kantin sekolah/sentra kuliner, dan lain lain;
  • pelaku usaha ritel (warung/toko/mini market/pasar) di Desa.
  • Pendampingan pada pelaku usaha untuk penerapan cara produksi pangan yang baik dalam rangka memperoleh izin edar dari Badan POM/ Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPPIRT) dari Dinas Kesehatan/Sertifikat Higiene Sanitasi dari Dinas Kesehatan.
  • Peningkatan pengetahuan tentang pengawasan produk pangan yang beredar di Desa, seperti: alat keamanan pangan (pembelian sampel dan rapid test kit).
  • Penyediaan sarana informasi keamanan pangan seperti: poster, leaflet, spanduk.
Unduh Permendesa PDTT Nomor 7 Tahun 2020. DOWNLOAD DISINI

Dapatkan Informasi seputar Desa Melalui Fanpage Juraganberdesa