Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Elemen Dasar Kurikulum

Elemen Dasar Kurikulum

Ahamdulillah masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk berbagi ilmu dengan 60 Guru Pembimbing Khusus dalam kegiatan Pelatihan Guru Pembimbing Khusus Jenjang SD dan SMP di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie Jaya, 25-28 Agustus 2020.

Tema kali ini adalah membahas tentang Modifikasi Kurikulum.

Ada beberapa elemen dasar dari setiap kurikulum yaitu tujuan, isi, dan kriteria evaluasi. Guru menggunakan ketiga elemen ini untuk mereka merancang dan melaksanakan kurikulum dan juga untuk membuat sebuah modifikasi kurikulum.

Sebagai seorang guru, hal pertama yang harus diketahui adalah bagaimana membedakan kedua jenis modifikasi tersebut. Tentunya perbedaan itu akan terlihat pada perubahan-perubahan sebuah rancangan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak.

Jika perubahan itu terjadi, maka seorang guru telah melakukan sebuah modifikasi, dan jika tidak maka sebuah rancangan pembelajaran belum memperhatikan karakteristik suatu pembelajaran yang memperhatikan perbedaan individual.

Modifikasi kurikulum terdiri dari penyesuaian yang dilakukan seorang guru pada kurikulum agar rancangan pembelajarannya dapat diakses oleh siswa berkebutuhan khusus (ABK). Intinya adalah seorang guru mengumpulkan sumber daya yang dirancang untuk memungkinkan siswa berkebutuhan khusus memiliki akses yang lebih baik untuk dapat menerima pembelajaran dan informasi yang guru berikan.

Sebagai penutup saya ingin menyarankan bahwa seorang guru harus menyadari sifat individu siswa ketika mereka hendak merencanakan metodologi, konten, dan penilaian kelas. Guru membuat perubahan yang diperlukan untuk menyesuaikan kurikulum dengan karakteristik khusus siswa tersebut. Tujuannya adalah untuk membuat konten pembelajaran lebih mudah diakses oleh siswa yang memiliki beberapa hambatan dalam belajar.

Penulis: Istiarsyah, S.Pd,M.Pd