Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Rencana Anggaran Biaya Pendataan IDM Dan SDGs Desa TERBARU

Download Rencana Anggaran Biaya Pendataan IDM Dan SDGs Desa Tahun Anggaran 2021
Download Rencana Anggaran Biaya Pendataan IDM Dan SDGs Desa Tahun Anggaran 2021

Pemutakhiran Indeks Desa Membangun atau IDM tahun 2021 berbasis SDGs Desa merupakan kewajiban yang dibeban kepada Desa. Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga dapat memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

Sesuai dengan Permendesa PDTT 21 tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, data SDGs Desa adalah milik desa, sehingga pendataan SDGs Desa dilaksanakan dengan metode sensus partisipatoris. Artinya, data dikumpulkan dari informasi yang tersedia di dalam desa, dilaksanakan oleh desa sendiri melalui Kelompok Kerja (POKJA) Relawan Pendataan Desa, serta untuk keperluan pembangunan dan pemberdayaan pada masing-masing desa sendiri. Dimensi partisipatoris meningkatkan validitas data SDGs Desa. Adapun dimensi sensus artinya mengambil data seluruh wilayah desa dan RT, serta mengumpulkan data dari seluruh keluarga dan warga desa.

Berikut ini admin blog juraganberdesa akan membagikan file Download Rencana Anggaran Biaya Pendataan IDM Dan SDGs Desa Tahun Anggaran 2021. DOWNLOAD DISINI