Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Modul Pembelajaran Sosiologi Paket C Setara SMA/MA Kelas XII Modul Tema 13

Download Modul Pembelajaran Sosiologi Paket C Setara SMA/MA Kelas XII Modul Tema 13

Pendidikan kesetaraan yang sama sebagai pendidikan alternatif menawarkan layanan bagi orang-orang yang karena kondisi geografis, sosial budaya, ekonomi dan psikologis, tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti pendidikan dasar dan menengah sebagai bagian dari pendidikan formal. Kurikulum pendidikan kesetaraan dikembangkan berdasarkan revisi kurikulum 2013 untuk pendidikan dasar dan menengah berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016. Proses penyesuaian kurikulum 2013 dengan kurikulum pendidikan kesetaraan dilakukan melalui proses mengkontekstualisasikan dan memfungsikan setiap kompetensi dasar agar siswa memahami makna dari setiap kompetensi yang diujikan.

Pembelajaran setara menggunakan prinsip pembelajaran fleksibel sesuai dengan karakteristik kesetaraan peserta didik. Penerapan prinsip pembelajaran menggunakan sistem pembelajaran modular dimana siswa dapat menyelesaikan setiap modul yang disajikan secara bebas. Konsekuensi dari sistem ini adalah perlunya modul pembelajaran pendidikan kesetaraan yang memungkinkan siswa belajar mandiri dan menilai integritas.

Tahun 2017, Direktorat Literasi dan Pengembangan Pendidikan Persamaan Kesempatan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat mengembangkan modul pembelajaran pendidikan kesetaraan yang melibatkan kurikulum dan pusat buku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akademisi, tutor, guru dan tutor untuk pemerataan pendidikan. Dari kompetensi level 2 paket A (paket A kelas 4) ditawarkan modul untuk pembentukan kesetaraan. Untuk siswa pada wajib belajar paket A, modul kompetensi level 1 (SD kelas 13 sederajat paket A) menggunakan buku ajar untuk SD kelas 13, karena masih membutuhkan banyak arahan dari guru/tutor dan belum bisa belajar secara mandiri.

Kami berterima kasih kepada Pusat Kurikulum dan Perbukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, akademisi, tutor, guru, tutor untuk pendidikan kesetaraan, dan semua pihak yang membantu mengembangkan modul ini.

Untuk informasi lebih lanjut download paket C modul pembelajaran sosiologi setara dengan materi modul SMA/MA kelas XII 13. DOWNLOAD DISINI