Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BLT Dana Desa Rp300 Ribu Masih Cair Selama Agustus 2021, Cek Penerima di Link sid.kemendesa.go.id

BLT Dana Desa Rp300 Ribu Masih Cair Selama Agustus 2021, Cek Penerima di Link sid.kemendesa.go.id
BLT Dana Desa Rp300 Ribu Masih Cair Selama Agustus 2021, Cek Penerima di Link sid.kemendesa.go.id

Alhamdulillah ada kabar gembira bagi masyarakat desa yang terdampak pandemi covid-19 bahwa BLT Dana Desa Rp300 Ribu Masih Cair Selama Agustus 2021, Cek Penerima di Link sid.kemendesa.go.id.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) masih akan cair pada bulan agustus 2021 dan dipercepat pencairannya oleh pemerintah melalui Kemendesa.

Sebagaimana diketahui, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) menjadi salah satu program bantuan yang masih disalurkan oleh pemerintah hingga bulan Desember tahun 2021.

Total penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) sampai tanggal 5 Agustus 2021 tercatat sebanyak 5.377.212 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diseluruh Indonesia dengan total dana yang sudah dicairkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) sebesar Rp 10,662 triliun atau setara 55% dari total anggaran yang diberikan pemerintah.

Masyarakat Desa yang terdampak pandemi bisa perhatikan informasi tentang jadwal pencairan, cara cek nama penerima dan juga cara daftar nama-nama penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di artikel berikut ini.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) merupakan program bantuan dari pemerintah yang disalurkan oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) dengan jumlah Rp300 ribu tiap bulan per keluarga penerima manfaat (KPM).

Adapun pencairan BLT Dana Desa Rp300.000,- dicairkan sekaligus dua kali, sehingga penerima bisa terima Rp600.000,- pada bulan agustus ini.

Menjadi syarat utama, penerima BLT Dana Desa Rp300 .000,- tidak boleh terdaftar di bansos lain yang diberikan pemerintah. Adapun syarat lengkapnya adalah sebagai berikut:

Syarat Penerima BLT Dana Desa Tahun 2021
  • Warga miskin dan berdomisili di desa;
  • Masyarakat Tidak menerima bantuan sosial dari pemerintah selain BLT Dana Desa seperti BST, PKH, Sembako, atau bantuan lain dari pemerintah;
  • Masyarakat Kehilangan pekerjaan karena pandemi Covid-19;
  • Keluarga yang Memiliki keluarga yang sakit kronis atau rentan sakit menahun;
  • Tercatat sebagai penerima bantuan BLT Dana Desa di tingkat RT/RW atau Desa/Kelurahan.
Cara Cek Nama Penerima BLT Dana Desa tahun 2021
  • Silakan Sobat Buka laman sid.kemendesa.go.id.
  • Pada halaman beranda pilih pencarian data desa.
  • Pilih pencarian data desa “Berdasarkan Nama Desa”.
  • Silahkan Masukkan nama desa dan klik enter.
  • Kemudian akan muncul halaman tentang deskripsi desa.
  • Pada bagian atas terdapat menu berupa home, deskripsi desa, rekomendasi, SDGs, Dana Desa, APBDES, BUMDES, dan BLT Dana Desa.
  • Pilih menu BLT Dana Desa.
  • Informasi mengenai daftar penerima bantuan BLT Dana Desa Rp300 ribu akan muncul di layar.
Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) sendiri menargetkan BLT Dana Desa diterima oleh warga miskin yang berdomisili di wilayah desa dan tidak tersentuh bantuan sosial lainnya dari pemerintah.

Pendataan KPM BLT Dana Desa dilakukan oleh relawan Desa Lawan COVID-19 berbasis Rukun Tetangga (RT), yang kemudian diputuskan melalui Musyawarah Desa khusus (Musdessus).

Jika masyarakat merasa berhak menerima dan membutuhkan bantuan BLT Dana Desa dan ingin mendaftar menjadi penerima, maka datanglah ke kantor desa/kelurahan domisili untuk mengajukan diri menjadi penerima BLT Dana Desa.

Sebagiamana yang sudah amin juraganberdesa disebutkan di atas BLT Dana Desa Agustus 2021 ini adalah salah satu bentuk percepatan penyaluran bansos kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sumber: mediamagelang,pikiran-rakyat