Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Cerdas Menabung Dengan Gaji Kecil

5 Tips Cerdas Menabung Dengan Gaji Kecil

Gaji pas-pasan atau Gaji kecil menjadi salah satu aktor pembenaran bagi sebagian karyawan untuk tidak menabung. Jika kamu salah satunya, silakan ikuti lima cara menabung dengan gaji kecil atau pas-pasan yang di rangkum oleh juragandesa.net ini agar tetap bisa mengatur cash flow secara sehat dan bisa menabung.

1. Sisihkan Uang Tabungan di Awal Gajian

Jangan ragu untuk menyetor uang ke rekening tabungan Anda. Semakin lama penundaan, semakin besar kemungkinan uang yang disimpan akan digunakan untuk tujuan lain.

Saya berharap saya dapat menerima uang gaji saya sekali dan kemudian membayarnya ke rekening tabungan saya pada saat berikutnya. Dengan begitu, Anda tidak akan tergoda untuk membelanjakan atau mengeluarkan uang.

Hal lain yang perlu diingat ketika menabung dengan gaji kecil adalah jangan mengutak-atik tabungan Anda untuk alasan selain kebutuhan mendesak dan tidak terduga.

Simpan tabungan dengan nominal yang sama setiap bulan untuk konsistensi. Namun, jika Anda memiliki penghasilan tambahan, nominal tabungan Anda juga akan bertambah. Idealnya, Anda bisa menghemat setidaknya 10 persen dari gaji Anda.

2. Buat Catatan Keuangan Secara Terperinci Tiap Bulan

Buat catatan keuangan terperinci di awal setiap bulan. Rincian ini termasuk tabungan, uang saku, kebutuhan perumahan dan banyak lagi. Memo ini sesuai dengan pos, sehingga Anda juga dapat menyisihkan tabungan Anda di awal setiap bulan.

Jadi, dari awal, Anda tahu berapa banyak kebutuhan yang harus Anda penuhi setiap bulan dan berapa banyak yang Anda hemat. Juga, pikirkan berapa banyak yang bisa Anda hemat di masa depan. Memelihara catatan keuangan juga membantu menentukan kebutuhan yang diprioritaskan.

3. Lakukan Side-Hustle

Jika gaji rendah menjadi alasan untuk tidak bisa menabung, Anda bisa bekerja paruh waktu atau paruh waktu untuk menambah penghasilan. Gaji dari pekerjaan luar juga bisa ditabung sebagai tabungan.

Pekerjaan paruh waktu tidak begitu sulit. Jika Anda memiliki keahlian TI, Anda juga bisa menjadi pengelola situs web. Jika tidak, Anda juga bisa berjualan secara online melalui media sosial atau e-commerce. Pertama, siapkan pekerjaan sampingan kecil untuk beradaptasi dengan jam kerja di kantor.

4. Hindari Berutang

Gaya hidup yang sesuai dengan keahlian Anda adalah penting agar Anda dapat menginvestasikan sebagian dari gaji Anda untuk ditabung. Jika Anda memiliki utang, terutama utang konsumtif, Anda perlu menyiapkan dana bulanan untuk melunasi utang tersebut.

Pelunasan hutang yang telah terjadi dapat menjadi langkah awal menuju pengelolaan keuangan yang kuat di masa depan. Setelah hutang dilunasi, dana yang sebelumnya digunakan dapat digunakan untuk tujuan lain yang bermanfaat seperti berinvestasi atau menabung untuk membayar tagihan.

5. Miliki Asuransi untuk Kebutuhan Tidak Terprediksi

Asuransi untuk yang berduka dapat menutupi tabungan Anda. Pastikan Anda diasuransikan untuk kebutuhan penting seperti asuransi jiwa dan asuransi mobil. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk kebutuhan ini ketika Anda memiliki asuransi.

Namun, harap dicatat bahwa Anda perlu menabung pendapatan bulanan untuk membayar premi asuransi. Kebutuhan tersebut dapat dicatat sebagai pengeluaran pokok dalam catatan keuangan bulanan Anda.