Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Menabung Dengan Gaji 500 Ribu

Tips Menabung Dengan Gaji Gaji 500 Ribu


Artikel berikut ini membahas tentang cara menabung gaji 500 ribu. Sebagaimana diketahui bahwa, penghasilan kecil bukan berarti menjadi Anda tidak bisa menabung. Anda hanya memerlukan cara yang tepat. Jangankan untuk menabung, mencukupi kebutuhan selama sebulan saja mungkin sudah sangat sulit.

Tenang, mulailah berpikir jernih dan bijak. Anda masih memiliki kesempatan untuk menabung meskipun gaji Anda terbilang kecil. Namun untuk berhasil Anda perlu mengetahui cara yang tepat dan efektif. Berikut ini cara menabung gaji 500 ribu yang bisa Anda ikuti.

Membuat Target Harian Pribadi

Anda dapat memulai dengan menetapkan tujuan pribadi untuk membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih hati-hati. Tentukan jumlah nominal yang ingin Anda simpan dan pisahkan dari jumlah yang Anda keluarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup bulanan Anda.

Dengan demikian, Anda mampu lebih gampang buat menabung lantaran Anda sudah merencanakan jumlah nominal yangg akan Anda pisahkan berdasarkan total penghasilan yang Anda terima tiap bulannya.

Anda bisa mulai dengan jumlah kecil, seperti Rp50.000. Jika Anda menabung hingga Rp50.000 dalam sebulan, Anda bisa menambah jumlah yang ingin Anda simpan hingga Rp100.000 di bulan berikutnya hingga Anda tahu mana yang terbaik untuk Anda.

Menabung Setiap Hari

Cara menabung gaji 500 ribu berikutnya ialah dengan menabung setiap hari. Bagaimana caranya? Anda bisa memulainya dengan menabung setiap hari. Misalnya, setiap hari Anda biasanya menghabiskan Rp 50.000. Kemudian Anda bisa mengurangi pengeluaran harian Anda menjadi hanya Rp 40.000. Dengan cara ini Anda bisa menghemat hingga Rp10.000 per hari.

Sisihkan uang Rp10.000 tersebut untuk ditabung dan tunggu hingga sebulan penuh. Jika tidak ada halangan, maka Anda akan bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp300.000 selama sebulan.

Jika Anda terus melakukan penghematan tersebut secara rutin setiap bulannya, kemungkinan jumlah tabungan Anda bisa mencapai Rp900.000 dalam kurun waktu tiga bulan. Penghematan yang luar biasa bukan ?

Miliki Rekening Tabungan

Jika cara tersebut masih belum berhasil, Anda mungkin bisa mencoba cara yang berikut ini, yaitu membuat dua rekening bank.

Memiliki dua rekening bank bisa membantu Anda untuk membatasi pengeluaran harian dan pengeluaran bulanan agar menjadi lebih teratur. Bagaimana cara kerjanya ?

Pertama, Anda harus memisahkan jumlah yang ingin Anda simpan dari jumlah untuk memenuhi kebutuhan bulanan Anda di dua akun yang berbeda. Untuk menyimpan uang yang ingin Anda simpan, pilih rekening dengan sedikit atau tanpa debit dan tanpa kartu ATM. Hal ini membuat Anda tidak dapat dengan mudah menarik uang yang telah Anda simpan.

Berikutnya, simpan jumlah yang Anda tetapkan untuk kebutuhan sehari-hari di akun yang berbeda. Ini akan mendorong Anda untuk menggunakan uang yang Anda miliki di akun Anda untuk hidup selama sebulan, apakah itu cukup atau tidak. Sedikit arogan tapi cara ini sebenarnya lebih efektif dalam membatasi pengeluaranmu yang berlebihan.

Hindari Memakai Kartu Kredit

Bukan hanya kartu ATM, Anda juga harus menghindari penggunaan kartu kredit. Jika Anda menggunakan kartu kredit, sebenarnya bisa membuat Anda lebih boros karena Anda akan lebih mudah terpikat untuk membeli barang yang Anda inginkan. Meskipun barang-barang tersebut tidak penting, Anda tidak perlu peduli karena Anda dapat dengan mudah membelinya dengan kartu kredit kapan pun Anda mau.

Jika Anda berniat untuk hidup hemat, maka Anda perlu menghindari kebiasaan menggunakan kartu kredit. Mungkin cukup sulit, tetapi Anda bisa melakukannya dengan perlahanlahan. Misalnya, jika Anda biasa menggunakan kartu kredit sebanyak lima kali dalam sebulan, maka Anda bisa mengurangi frekuensinya dengan membatasi penggunaan sebanyak tiga kali saja.

Di bulan berikutnya, Anda bisa mengurangi kembali penggunaan kartu kredit menjadi dua kali dalam sebulan. Batasi terus penggunaan tersebut hingga Anda merasa cukup.

Jika Anda berpikir bahwa menggunakan kartu kredit akan menghabiskan lebih banyak uang, lebih baik Anda memutuskan untuk tidak menggunakan kartu kredit lagi. Dengan cara ini, Anda akan belajar memprioritaskan hal-hal yang paling penting daripada menghabiskan uang untuk hal-hal yang kurang penting.

Siapkan Dana Darurat di Awal Bulan

Lebih baik Anda langsung menyiapkan dana darurat di awal bulan dibanding akhir bulan. Mengapa begitu? Menyiapkan dana darurat di awal bulan dapat memudahkan Anda untuk mengatur keuangan Anda secara keseluruhan. Itu karena pada awal bulan, gaji Anda masih utuh dan belum banyak terpakai, sehingga Anda bisa mengatur keuangan Anda secara lebih bebas dan leluasa.

Menyiapkan dana darurat di awal bulan juga memungkinkan Anda untuk dapat mengatur budget bulanan dengan baik tanpa harus mengganggu tabungan yang Anda simpan.

Mulai Berpikir Dewasa dan Berinvestasi

Tidak peduli berapa usia Anda, tidak pernah terlalu muda atau terlambat untuk mulai berinvestasi. Anda dapat memulai investasi kecil dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda setiap bulan. Contoh investasi yang cocok untuk pemula adalah investasi emas. Emas memiliki label harga yang cukup stabil dan fleksibel, yang berarti Anda dapat mulai berinvestasi dengan menyesuaikan anggaran Anda.

Selain pegadaian dan antam, Anda juga bisa mulai berinvestasi emas secara online melalui berbagai website, seperti Tokopedia, BukaLapak dan lain-lain. Tata cara investasi emas di setiap situs online biasanya tidak jauh berbeda, dimulai dari registrasi atau registrasi online kemudian menyelesaikan uang.

Jumlah minimum investasi yang diterapkan setiap situs juga biasanya tidak terlalu tinggi, bahkan bisa jauh lebih rendah daripada berinvestasi di pegadaian emas. Misalnya, Anda diperbolehkan membeli emas seberat 0,005 gram dari beberapa situs online.

Bagaimana? Setelah dijelaskan, ternyata Anda tidak perlu lagi terobsesi dengan modal besar karena sebenarnya Anda bisa mulai berinvestasi dengan modal kecil. Seiring waktu, jumlah uang yang dihemat akan menjadi penting jika Anda menabung secara teratur dan memiliki disiplin.

Itulah cara menabung gaji 500 ribu yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba.