Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 7 SMP Informatika

Buku Guru untuk Mata Pelajaran Informatika ini disusun dalam rangka mempermudah dan memperjelas penggunaan buku bagi peserta didik yang diterbitkan oleh Pemerintah. Buku Guru Informatika Kelas 7 ini merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan dari Buku Siswa Informatika Kelas 7 yang diharapkan dapat dilaksanakan dengan pendekatan berorientasi pada siswa (Student Centered Learning) dan berbasis aktivitas.

Buku guru ini ini menjadi panduan guru agar aktivitas siswa dapat dijalankan dengan baik sesuai strategi pembelajaran yang disarankan, disertai dengan materi pengayaan dan aspek penilaian.



Buku ini terdiri atas dua bagian:


1.   Bagian pertama berisi tentang mengapa Informatika perlu untuk diajarkan pada zaman Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0 saat ini, kurikulum Informatika, petunjuk umum pembelajaran Informatika, harapan terhadap guru Informatika, aktivitas-aktivitas siswa, dan penilaian dalam pembelajaran Informatika.

2.   Bagian kedua menguraikan tentang strategi pembelajaran Informatika untuk setiap elemen pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013-X yang dituangkan pada setiap bab Buku Siswa Kelas 7. Setiap bab akan merupakan bahan pembelajaran per elemen pembelajaran Informatika, yang selanjutnya akan dijabarkan menjadi satu atau lebih unit pembelajaran (mengacu ke Pedoman Implementasi Informatika). Satu unit pembelajaran dapat terdiri atas satu atau lebih aktivitas untuk mencapai capaian pembelajaran terkait elemen pembelajaran tersebut. Setiap aktivitas akan berisi materi pengayaan untuk guru beserta potensi miskonsepsi pada peserta didik pada topik tersebut, pembelajaran, dan alternatif penilaiannya.

Dengan model pengorganisasian seperti yang digariskan oleh Pusat Kurikulum tersebut, diharapkan guru dengan lebih mudah dapat memahami kurikulum Informatika, capaian pembelajaran Informatika, materi ajar, cara pembelajarannya, dan cara penilaian mata pelajaran. Bagian I dari buku ini memberikan gambaran umum arah dan dasar mata pelajaran Informatika. Bagian ini penting untuk dipahami guru agar penyampaian materi yang dibahas secara rinci di Bagian II menjadi sebuah kesatuan utuh pencapaian capaian pembelajaran yang diharapkan.

Bagian I perlu dibaca guru paling tidak setiap awal semester dan awal tahun pelajaran untuk menyusun rancangan pembelajaran pada semester dan tahun pelajaran terkait. Bila pada saat pertama kali membaca Bagian I belum sepenuhnya tertangkap maknanya, guru dapat melanjutkan ke Bagian II dan mempraktikkan pembelajaran yang diuraikan di Bagian II. Setelah mempraktikkan beberapa atau seluruh bab dalam Bagian II, guru dapat membaca ulang Bagian I buku ini. Dengan beberapa kali membaca Bagian I buku ini, diharapkan arah dan dasar mata pelajaran Informatika ini makin diinternalisasi oleh guru. Selain itu, sangat disarankan pada para guru untuk terus menerus mengembangkan diri dan memperdalam ilmunya dengan membaca referensi yang dituliskan dalam daftar pustaka buku ini atau mencari  referensi lain yang relevan dan berbobot.

BAB 1 Informatika dan Keterampilan Generik

BAB 2 Berpikir Komputasional

BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi

BAB 4 Sistem Komputer

BAB 5 Jaringan Komputer dan Internet

BAB 6 Analisis Data

BAB 7 Algoritma dan Pemrograman

BAB 8 Dampak Sosial Informatika

BAB 9 Praktik Lintas Bidang