Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Pencairan Dana PIP Kemdikbud 2022, Lihat Di Sini

PIP Kemdikbud pada April 2022 ini dikabarkan cair lagi, simak cara ambil BLT Rp1 juta bagi siswa SD, SMP, dan SMA.

Diketahui, PIP Kemdikbud 2022 merupakan bantuan berupa uang tunai kepada siswa SD, SMP, dan SMA yang memenuhi syarat dapat BLT hingga Rp1 juta.

PIP Kemdikbud yang dikabarkan cair lagi pada April 2022 bertujuan untuk perluasan akses dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada siswa SD, SMP, SMA yang memenuhi syarat.

2 Cara Pencairan Dana PIP Kemdikbud 2022, Lihat Di Sini

Lalu, bagaimana cara ambil dana PIP Kemdikbud 2022 agar siswa SD, SMP, dan SMA dapat BLT hingga Rp1 juta pada April 2022 ini?

Sebelum ambil dana PIP Kemdikbud yang cair lagi pada April 2022, perlu dipastikan bahwa siswa sudah cek daftar penerima BLT Rp1 juta ini melalui link resmi Kemdikbud.

Untuk cara cek penerima PIP Kemdikbud 2022 pun sangat mudah, yakni pertama-tama silakan kunjungi website resmi pip.kemdikbud.go.id.

Setelah itu, akan muncul kolom ‘Cari Penerima PIP’. Kemudian, siswa atau orang tua bisa segera isi formulir yang disediakan oleh panitia PIP Kemdikbud.

Adapun formulir yang harus diisi yakni keterangan NISN, tanggal Lahir, bulan, dan tahun, serta nama ibu kandung.

Apabila telah selesai mengisi formulir tersebut, segera klik ‘Cari'. Nantinya, akan muncul pemberitahuan data diri yang dimasukkan apakah sebagai penerima PIP Kemdikbud 2022 atau tidak.

Kemudian, setelah yakin nama siswa ada dalam daftar penerima PIP Kemdikbud 2022 yang cair lagi pada April 2022, maka BLT tersebut bisa segera diambil.

Untuk mengambil dana PIP Kemdikbud 2022 tersebut, bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara kolektif atau mandiri oleh siswa.

1. Pencairan dana PIP Kemendikbud 2022 secara kolektif

Pencairan dana PIP Kemdikbud 2022 secara kolektif ini, dilakukan secara bersama-sama di suatu tempat dengan bantuan pihak sekolah terkait.

Adapun syarat yang wajib ada saat mengambil dana PIP Kemdikbud 2022 secara kolektif, yakni membuat surat kuasa dari peserta didik atau orang tua.

Setelah itu, pihak sekolah yang mengurus pengambilan PIP Kemdikbud 2022, segera isi formulir pembuatan rekening SIMPEL PIP dari bank.

Selain itu, perlu juga adanya surat aktivasi rekening dari kepala sekolah dan Surat Pertanggungjawaban mutlak (SPTJM).

Syarat terakhir yang harus ada saat pengambilan dana PIP Kemdikbud 2022 secara kolektif yakni fotokopi KTP yang dimiliki peserta didik.

2. Pencairan dana PIP Kemdikbud 2022 secara mandiri

Sementara itu, untuk pengambilan dana PIP Kemdikbud 2022 secara mandiri, siswa dan orang tua datang ke salah satu bank penyalur.

Saat datang ke bank penyalur PIP Kemdikbud 2022, berkas yang harus dibawa yakni surat keterangan aktivasi rekening yang didapat dari kepada sekolah.

Selain itu, siapkan juga kartu identitas dari siswa dan wali siswa, baik KTP atau Kartu Pelajar serta KK, dan surat keterangan domisili bagi wali siswa.

Selanjutnya, data akan diproses oleh pihak bank penyalur PIP Kemdikbud 2022 untuk kemudian dibuatkan rekening SIMPEL PIP.

Perlu diperhatikan, semua persyaratan di atas diserahkan kepada kepala sekolah dan harus ditandatangani serta bermaterai.

Apabila pengambilan dana PIP Kemdikbud 2022 yang cair lagi pada April 2022 ini telah berhasil, siswa SD/sederajat dipastikan dapat PIP Kemdikbud Rp225.000 atau Rp450.000 setahun dan siswa SMP/sederajat dapat Rp375.000 atau Rp750.000 setahun.

Sedangkan bagi siswa SMA/sederajat dapat PIP Kemdikbud April 2022 senilai Rp500.000 atau Rp1 juta setahun.

Dana PIP Kemdikbud yang cair lagi pada April 2022 ini nantinya bisa digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik.

Adapun biaya personal itu di antaranya bisa untuk membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.***

Artikel ini sudah tayang di depok.pikiran-rakyat.com Dengan judul artikel” 2 Cara Pencairan Dana PIP Kemdikbud 2022, Siapkan KTP agar BLT Rp1 Juta untuk Siswa SD, SMP, dan SMA Cair