Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Bantu Pembangunan Gampong


Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Kementerian Gampong, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Bonivasius Prasetya Ichtiarto mengatakan, peserta forum tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Kemendes PDTT akan meninjau Badan Usaha Milik Gampong (Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)) Pujon Kidul di Kabupaten Malang pada Kamis (25/4).

Di Gampong tersebut, peserta forum tematik Bakohumas akan melihat langsung contoh sukses Gampong dalam mengelola Badan Usaha Milik Gampong (BUMG).

"Kita akan lihat bahwa dana Gampong yang jumlahnya tidak seberapa bisa menjadi sesuatu yang luar biasa melalui Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)-nya. Gampong Pujon Kidul Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)-nya sangat inovatif dan kreatif sehingga bisa menimbulkan peluang-peluang ekonomi," ujarnya pada pembukaan forum tematik Bakohumas di Kota Malang, Rabu (24/4).

Bonivasius mengatakan, Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Gampong. Untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) tersebut, Gampong dapat memanfaatkan dana Gampong sebagai stimulan.

"Pemerintah telah memberikan dana Gampong sejak tahun 2015. Jika dilihat dari nilainya memang tidak besar. Tapi karena dana Gampong bukan satu-satunya dana untuk mengembangkan Gampong. Bahwa dana Gampong hanya stimulan, hanya pemicu," ujarnya.

Terkait hal tersebut, ia berharap kementerian/lembaga yang tergabung dalam forum Bakohumas dapat membantu mensosialisasikan peran strategis Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dalam meningkatkan perekonomian Gampong. Ia juga meminta kementerian/lembaga saling berbagi informasi terkait program dan kegiatan yang dapat disinergikan untuk memajukan Gampong.

"Kegiatan ini (Forum Tematik Bakohumas) penting, karena kementerian/lembaga tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, harus saling bersinergi. Dari informasi yang diperoleh dari Bakohumas ini, agar bisa dilihat apa yang bisa disinergikan," ujarnya.

Untuk diketahui, Forum Tematik Bakohumas merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Kemendes PDTT dalam menjalin kerjasama antar kementerian/lembaga dalam mensosialisasikan program utama kementerian.

Sumber: https://www.jpnn.com