Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Badan Usaha Milik Gampong Diimbau untuk Berkolaborasi



Kementerian Gampong, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyarankan kepada seluruh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) di Jawa Barat untuk saling bekerja sama dalam meningkatkan perekonomian. Menurut dia, kalau BUMG disekitar bergabung menjadi satu atau membentuk BUMG bersama, tentu akan ada skala ekonomi yang lebih besar.

Dia mewakili Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PPMD) dan Pengukuhan CEO BUMG di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung pada Rabu (15/5). Menurut Harlina, di Jawa Barat telah dikukuhkan ribuan CEO Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) yang berasal dari para pendamping Gampong yang tujuannya untuk mengembangkan BUMG berbasis karakteristik dan kebutuhan.

Keberadaan CEO BUMG ini diharapkan BUMG-BUMG bisa memiliki berbagai berinovasi yang berdampak pada meningkatnya ekonomi Gampong secara berkelanjutan. "Jadi saya berharap BUMG dapat berkolaborasi agar dapat memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Kemudian juga memiliki nilai tawar yang lebih tinggi juga dan tentu akan bisa melakukan kerjasama dengan sejumlah offtaker atau perusahaan," katanya.

Harlina menyampaikan terkait penggunaan dana Gampong yang pada tahun 2019 dianjurkan mulai diarahkan untuk program inovasi Gampong. Tujuannya untuk membuat inkubasi agar masyarakat Gampong membuat inovasi-inovasi dalam penggunaan Dana Gampong untuk peningkatan SDM dan ekonomi yang sesuai dengan potensi masing-masing.

"Dengan hampir tercukupinya infrastruktur dasar di banyak Gampong, maka prioritas penggunaan Dana Gampong perlu mulai diarahkan untuk Program Inovasi Gampong di 434 kabupaten di seluruh Indonesia. Hasil dari inovasi tersebut didokumentasikan baik dalam bentuk dokumen tertulis maupun video agar bisa diikuti dan dikembangkan oleh masyarakat dari Gampong lain di Indonesia," katanya.

Sumber : https://republika.co.id