Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Kunci Sukses Peningkatan Ekonomi Masyarakat Gampong



Ekonomi masyarakat Gampong menjadi indikator keberhasilan perkembangan ekonomi sebuah negara. Hal itu karena bagian terkecil dari sebuah negara adalah Gampong, yang hingga kini masyarakatnya masih jauh dari kesan maju. Dalam upaya memajukan Gampong peningkatan ekonomi masyarakat Gampong terlebih dahulu harus dilakukan oleh pemerintah. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa cara seperti:

Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur

Pertama, sudah diketahui umum jika infrastruktur adalah kunci utama kemajuan ekonomi sebuah Gampong. Namun sayangnya masih banyak sekali proyek infrastruktur Gampong yang terbengkalai dan tidak terselesaikan. Hal ini menjadi kendala utama dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat Gampong. Infrastruktur menjadi poin penting sebuah Gampong untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Infrastruktur yang memadai memudahkan masyarakat Gampong untuk melakukan mobilisasi barang dan jasa keluar dan masuk Gampong. Kemajuan infrastruktur juga akan menarik minat investor untuk berinvestasi bagi kemajuan Gampong.

Jika ada investasi maka pembangunan sarana transportasi untuk kelancaran kegiatan ekonomi akan semakin meningkat. Maka meningkatkan pembangunan infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Gampong.

Memajukan Potensi Gampong

Kedua, setelah masalah infrastruktur bisa teratasi maka selanjutnya adalah mengembangkan potensi yang dimiliki Gampong. Jika menggunakan kejelian dalam mengamati kehidupan masyarakat Gampong, maka pasti akan ditemukan potensi besar yang dimiliki sebuah Gampong yang bisa dikembangkan. Pengembangan potensi Gampong ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Gampong tentunya.

Potensi peGampongan yang bisa dimajukan seperti berbagai kerajinan tangan, obyek wisata, hasil bumi, kekayaan kuliner semua potensi yang ada di Gampong. Pemerintah harus memegang peranan untuk mengontrol upaya memajukan potensi Gampong yang ada dan memberi fasilitas yang dibutuhkan. Sedangkan masyarakat harus berperan aktif ikut memajukan potensi Gampong tempat tinggalnya sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat Gampong.

Membangun Sumber Daya Manusia Yang Ada Di Gampong

Ketiga, saatnya untuk memikirkan sumber daya manusia sebagai potensi besar untuk membantu proses percepatan peningkatan ekonomi masyarakat Gampong. Semua upaya untuk meningkatkan ekonomi tidak akan lepas dari sumber daya manusia di Gampong sebagai pelaku utama. Untuk itu membangun SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) sangat penting untuk dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah Gampong.

Sampai saat ini persoalan SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) di Gampong masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk diselesaikan. Presiden sudah menegaskan setelah masalah infrastruktur terselesaikan maka selanjutnya yang perlu dibenahi adalah pembangunan SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)nya. Setelah semua teratasi maka ekonomi masyarakat Gampong akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Memanfaatkan Teknologi

Keempat, setelah sumber daya manusia dibangun maka kini telah mampu ikut serta berperan aktif meningkatkan ekonomi masyarakat. Untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat Gampong lebih lanjut bisa memanfaatkan teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat peGampongan sebagai upaya peningkatan ekonominya.

Memajukan ekonomi Gampong menggunakan teknologi pasti akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan tanpa teknologi. Sebagai upaya promosi potensi yang dimiliki Gampong misalnya, bisa memanfaatkan teknologi internet. Disini lah pemerintah memiliki peran penting untuk menyediakan koneksi internet bagi masyarakat Gampong.

Selain teknologi internet masih banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan perekonomian masyarakat Gampong. Seperti misalnya teknologi pengolahan bahan makanan, pengawetan bahan makanan, packing dan lainnya untuk memasarkan potensi kuliner Gampong. Pemerintah Gampong harus pandai memberikan materi tentang teknologi tepat guna sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakatnya.

Melakukan Proses Berkelanjutan

Kelima, ketik masyarakat Gampong sudah membenahi infrastruktur, memajukan potensi Gampong, meningkatkan kemampuan SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) dan teknologi maka pemerintah tinggal menindak lanjuti. Pemerintah pusat atau Gampong tinggal memberikan program sebagai kelanjutan proses pembangunan ekonomi Gampong. Program yang diberikan harus bisa melibatkan semua elemen masyarakat Gampong dalam pelaksanaannya.

Selain itu program harus dilakukan secara berkelanjutan dan terencana sehingga semua elemen bisa memberikan kontribusi kepada ekonomi Gampong. Program yang berkelanjutan adalah upaya pemerintah untuk menjaga eksistensi dari pemerintah sebagai fungsi pengawas dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat Gampong.

Demikian adalah kunci sukses peningkatan ekonomi masyarakat Gampong yang bisa dilakukan oleh pemerintah Gampong bekerjasama dengan masyarakatnya. Kemajuan masyarakat Gampong bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi juga masyarakatnya. Oleh karena itu pemerintah harus pandai merangkul dan memfasilitasi masyarakat untuk memajukan Gampong bersama-sama.