Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gambaran Umum Dayah Darussa’adah


1.     Gambaran Umum Dayah Darussa’adah


Dayah Darussa’adah merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang terletak di Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen atau tepatnya di Desa Lipah Rayeuk Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Dayah Darussa’adah berdiri pada tahun 1968 dibawah kepemimpinan Teungku Abdullah Hasan (Periode 1968-1988) selanjutnya diPimpin oleh Teungku Abdullah Ali (Periode 1988-2005), selanjutnya diPimpin oleh Teungku Muhammad AR (Periode 2005-sekarang)
Adapun lokasi Dayah Darussa’dah Lipah Rayeuk Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen letaknya berbatasan dengan: Pertama, Sebelah Utara berbatasan dengan Sawah. Kedua, Sebelah Selatan berbatasan dengan Jalan. Ketiga, Sebelah Timur berbatasan dengan sawah. Keempat, Sebelah barat berbatasan dengan Rumah Penduduk
Dilihat dari letak geografisnya Dayah Darussa’adah Lipah Rayeuk Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen tidak terlalu strategis untuk sebuah lembaga pendidikan karena tidak berada dekat dengan jalan, namun demikian sangat mudah dijangkau oleh para santri dan tempatnya yang jauh dari keramaian membuat para santri dapat belajar dengan tenang.
Berhasilnya pendirian Dayah Darussa’adah Lipah Rayeuk Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen diawali dengan berkat kerjasama tokoh-tokoh masyarakat berserta seluruh masyarakat Desa Lipah Rayeuk khususnya dan masyarakat Kabupaten Bireuen pada umumnya. Dari permulaan pendiriannya sampai sekarang masih aktif ditengah-tengah masyarakat dalam membina pendidikan masyarakat. Dayah Darussa’adah Lipah Rayeuk Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen mengelola pendidikan tingkat Diniyah, tingkat Tsanawiyah, tingkat Aliyah dan tingkat umum. Dalam perkembangannya kedepan, Dayah Darussa’adah Lipah Rayeuk Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen a diharapkan menjadi suatu model Dayah yang tetap mempertahankan pendidikan salafiyah disamping terus mengembangkan pendidikan formal.