Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengaruh Penggunaan RPP Terhadap Kemajuan Pembelajaran Siswa di MTs


1.     Pengaruh Penggunaan RPP Terhadap Kemajuan Pembelajaran Siswa di MTsS Malikussaleh Tanjung Kemala         


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus.
Adapun tujuan dan manfaat pembuatan RPP yaitu; untuk memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator, memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek, karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa, karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect.
Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Haryani,S.Pd bahwa RPP dibuat oleh seorang guru agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan terkontrol dengan baik. Beberapa guru mengunakan RPP sebagai panduan dalam mengajar, sehingga pada saat terjun di kelas, guru semakin mantap dalam mengajar. Selain itu, guru yang rajin membuat RPP berarti telah menjalankan kegiatan administrasi guru dengan baik. Jadi, bagi guru yang ingin naik pangkat harus memiliki RPP yang lengkap dan update tiap tahun. Beberapa format RPP telah kami siapkan untuk para guru agar bisa digunakan sebagai rujukan dalam mengajar.[1]
Menurut pengakuan Ibu Hasyuliana,S.Pd bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berpangkal pada suatu kurikulum, dan dalam proses pembelajaran guru juga berorientasi pada tujuan kurikulum. Pada satu sisi, guru adalah penembang kurikulum. Pada sisi lain guru adalah pembelajar siswa yang secara kreatif membelajarkan siswa sesuai dengan kurikulum sekolah dan untuk menunjung hal itu seorang guru sebelum melakukan tugasnya, terlebih dahulu seorang guru harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan berpedoman pada silabus yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai[2].


               [1] Hasil wawancara penulis dengan Ibu Ediana, S.Pd Kepala MTsS Malikussaleh Tanjung Kemala Kec. Sawang Kab. Aceh Utara tanggal 25 September 2013.

               [2] Hasil wawancara penulis dengan Ibu Hasyuliana,S.Pd Guru MTsS Malikussaleh Tanjung Kemala pada tanggal 25 September 2013.