Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mekanisme Penyusunan Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)

Mekanisme Penyusunan Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)

Laporan pertanggungjawaban atau laporan pertanggungjawaban BUMG merupakan sebuah dokumen tertulis yang disusun secara sistematis, komprehensif dan terstruktur dengan maksud dan tujuan untuk memberikan informasi secara akurat dan lengkap atas keseluruhan aktivitas BUMG dalam setiap periode.

laporan pertanggungjawaban BUMG tahun 2019

laporan pertanggungjawaban BUMG merupakan sebuah kewajiban yang harus dibuat oleh pengelola kepada komisaris BUMG, yaitu Keuchiek. Selanjutnya Keuchiek menginformasikan kepada masyarakat dalam musyawarah Gampong (Musdes).

Musyawarah atau mufakat Gampong merupakan forum permusyawaratan yang diikuti oleh Lembaga Tuha Peut Gampong, Pemerintah Gampong, dan unsur masyarakat Gampong untuk memusyawarahkan hal yang bersifat strategis dalam penyelenggaraan Pemerintahan Gampong.

Cakupan Laporan Pertanggungjawaban BUMG

Sebagaimana yang sudah penulis jelaskan dalam tulisan-tulisan sebelumnya, bahwa laporan pertanggungjawaban BUMG tidak hanya tentang laporan pelaksanaan kegiatan, namun juga mencakup laporan keuangan BUMG.

Laporan keuangan BUMG, jika boleh diibaratkan ia merupakan jantung dari keseluruhan aktivitas BUMG. Apakah usaha BUMG untung atau rugi. Berapa omset BUMG dalam setahun. Jawabannya ada dalam laporan keuangan BUMG.

Sedangkan dalam pengelolaan keuangan BUMG bisa dilakukan dengan mudah yakni dengan menggunakan aplikasi keuangan bumsdes excel atau dengan memakai aplikasi khusus, seperti Aplikasi SIA BUMG, Sistem Aplikasi Akuntasi BUMG (SAAB), Aplikasi AkuBUMG, dll.

Lalu, Bagaimana Cara dan Sistematika Penyusunan laporan pertanggungjawaban BUMG

Mekanisme penyusunan laporan pertanggungjawaban BUMG, dapat diuraikan berikut ini:

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB I. Pendahuluan

1. Latar belakang

2. Visi

3. Misi

4. Dasar Hukum

5. Profil BUMG

BAB II. Laporan Umum

1. Penggalian Potensi

2. Pembentukan Unit Usaha

3. Penyertaan Modal Gampong

BAB III. Arah Kebijakan yang Telah Ditempuh

BAB IV. Pelaksanaan Pengelolaan, Permasalahan Program Kerja dan Keuangan

1. Pelaksanaan Kegiatan

2. Permasalahan.

3. Program Kerja

4. Laporan Keuangan

BAB V. Penutup

Lampiran - Lampiran


Hal-hal penting lain yang perlu kita perhatikan dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban BUMG! Usahakan penjelasan isi jangan terlalu bertele-tele. Tuliskan dengan menggunakan bahasa yang ringan, ringkas, padat dan jelas.
Selain itu, dalam penyusunan laporan keuangan BUMG hendaknya memenuhi prinsip-prinsip laporan keuangan secara umum dan menggunakan akuntansi yang lazim.

Supaya setiap informasi yang disajikan dalam laporan pertanggungjawaban BUMG, dapat dengan mudah dipahami oleh semua pihak, terutama oleh Keuchiek, Tuha Peut, pemerintah Gampong dan masyarakat Gampong.
Demikian tulisan tentang Mekanisme Penyusunan Laporan Keuangan BUMG ini, semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi pemerhati Gampong. Salam Juragan Berdesa...