Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Peran Karyawan Perpustakaan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan


1.     Peran Karyawan Perpustakaan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan
Peran Karyawan Perpustakaan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

            Pengembangan perpustakaan memiliki makna penting tidak hanya demi peningkatan kualitas guru dan murid tetapi juga semakin meneguhkan eksistensi bahkan masa depan sekolah tersebut, karena perpustakaan menjadi salah unsur yang dinilai dalam hal akreditasi sekolah. Hasil akreditasi apakah A, B, C akan mempengaruhi tingkat kepercayaan calon siswa dan masyarakat untuk masuk dalam sekolah tersebut.
Perpustakaan yang baik butuh dukungan kebijakan dari “top manajemen” (kepala sekolah, Rektor) dan tenaga profesional, yang tidak hanya paham tentang manajemen dan organisasi perpustakaan tetapi juga penguasaan terhadap teknologi informasi perpustakaan. Karena “brand” era ini adalah teknologi, sehingga siapapun termasuk pengelola perpustakaan harus menguasai ihwal teknologi perpustakaan. Namun sayangnya sampai kini sedikit sekali sekolah perpustakaan yang berani mengambil langkah zig zag untuk mengembangkan perpustakaan, alih-alih mengembangkan perpustakaan, personalia perpustakaan di sekolah-sekolah belum ada kalaupun ada mereka bukan profesional pustakawan guru yang nyambi mengelola perpustakaan. Inilah yang perlu dipikirkan bersama oleh pihak sekolah dan pemangku jabatan bidang pendidikan.
Menurut pengakuan Bapak Bustami, S.Pd Kepala SMP Negeri 2 Peudada bahwa pustakawan SMP Negeri 2 Peudada mampu menyebarluaskan misi dan pencapaian tugas perpustakaan serta membina dan meningkatkan minatbaca siswa. Dengan adanya kecakapan dan pengetahuan serta moral para pengelola perpustakaan sekolah, maka dengan sendirinya pengelolaannya juga akan baik sehingga akan menunjang terhadap kelancaran proses belajar di sekolah.[1]    
Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Ibu Asnidar, petugas perpustakaan SMP Negeri 2 Peudada Kabupaten Bireuen bahwa petugas perpustakaan SMP Negeri 2 Peudada Kabupaten Bireuen memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap pengelolaan perpustakaan agar misi yang ditanggung oleh perpustakaan dapat dicapai. Maka sungguh diharapkan bahwa seorang petugas perpustakaan pertama-tama adalah pencinta buku, atau terlebih lagi pencinta ilmu pengetahuan.[2]                


               [1] Hasil wawancara penulis dengan Bapak Bustami, S.Pd Kepala SMP Negeri 2 Peudada Kabupaten Bireuen tanggal 11 September 2012.

               [2] Hasil wawancara penulis dengan Ibu Asnidar Petugas Perpustakaan SMP Negeri 2 Peudada Kabupaten Bireuen tanggal 11 September 2012.