Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tokoh yang Mempengaruhi Haidar Putra Daulay


1.     Tokoh yang Mempengaruhinya
Tokoh yang Mempengaruhi Haidar Putra Daulay

Dari pertama Haidar Putra Daulay memasuki dunia perkembangan jiwa intelektualnya yang sangat berpengaruh pada tekatnya yang begitu besar yaitu orang tua Haidar Putra Daulay selalu ada dorongan berusaha untuk memiliki etos kerja dan bersungguh-sungguh mengerjakan sesuatu tidak mau setengah-setengah, itu support dari orang tuanya,
                 Kemudian tokoh kedua yang mempengaruhi  Haidar Putra Daulay yaitu Buya Hamka, Haidar Putra Daulaybanyak belajar mencoba mengambil hikmah tentang sikapnya yang moderat, toleran, juga berpijak pada prinsip. Selain itu “tokoh percaturan intelektualisme Islam nusantara yaitu Syeikh Abdush Shamad Al-Palibani yang merupakan tokoh yang mempengaruhi Haidar Putra daulay”[1]. Beliau menilai Al-Palimbani sebagai sosok yang memiliki kontribusi penting bagi pertumbuhan Islam di dunia Melayu. Ia bahkan juga bersaham besar bagi nama Islam di Nusantara berkaitan kiprah dan kontribusi intelektualitasnya di dunia Arab, khususnya semasa ia menimba ilmu di Mekah.
                 Ada dua tokoh lagi yang mempengaruhi beliau selain Buya Hamka yaitu guru besar pemikiran politik Islam Prof Dr Din Syamsuddin, dan guru besar tafsir Prof Dr Nasaruddin Umar. 


[1] Ibid., hal 69.