Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah 8 Fitur Rahasia WhatsApp, Begini Cara Pakainya

Inilah 8 Fitur Rahasia WhatsApp, Begini Cara Pakainya

Aplikasi perpesanan WhatsApp yang populer saat ini digunakan oleh miliaran pengguna di seluruh dunia. Tidak hanya sebagai sarana bertukar pesan, tetapi juga banyak yang bisa dilakukan dari panggilan video grup, pengiriman stiker, update status, pengiriman pesan suara dan masih banyak lagi. 

Tapi tahukah Anda bahwa di antara banyak fungsi WhatsApp, ada juga rahasia yang mungkin tidak disadari banyak orang, termasuk Anda? 

Berikut adalah fungsi rahasia dan cara mengaktifkannya:

1. Menghapus pesan secara otomatis

Mengaktifkan Pesan yang Menghilang akan menghapus semua pesan obrolan dari ruang obrolan setelah tujuh hari. Fitur ini juga mengosongkan memori ponsel dan memudahkan pengguna untuk menghapus pesan lama. 

Caranya, masuk ke aplikasi WhatsApp > buka private atau group chat > sentuh nama kontak atau grup di atas > lalu aktifkan opsi "Pesan menghilang"

2. Menyematkan kontak paling atas

Tentu saja, kami memiliki banyak percakapan di WhatsApp, baik secara langsung maupun berkelompok. Terkadang kontak penting tenggelam ke dalam tanah. Misalnya, kontak keluarga yang penting, orang tua, atau kolega yang sering mengobrol. 

Agar kontak tetap di atas dan tetap terlihat, terdapat fitur pin agar panggilan dengan kontak ini ditempatkan secara permanen di atas. Caranya masuk ke WhatsApp > tekan dan tahan kontak yang anda cari > lalu pilih pin gambar di atas

3. Menandai pesan penting

Banyak obrolan di WhatsApp yang dianggap penting, seperti keluarga, pekerjaan, sekolah, dan hal lainnya. Agar tidak lupa, pengguna dapat menandai pesan tersebut. Jadi ketika Anda membutuhkannya, mudah ditemukan. Caranya, buka aplikasi WhatsApp > masukkan chat yang diinginkan > tekan dan tahan pesan penting > lalu tap "Bintang" atau simbol bintang.

4. Custom Notifikasi


Alih-alih menggunakan nada notifikasi yang sama untuk setiap pesan masuk, Anda dapat mengatur notifikasi khusus untuk setiap kontak. Ini adalah bagaimana Anda tahu siapa yang menghubungi Anda. pengguna Android hanya melakukan ini. 

Pertama, ketuk ikon menu sambil menonton utas obrolan. Kemudian pilih Lihat kontak > Pemberitahuan khusus, pilih kotak centang, lalu selesaikan pengaturannya. Jika Anda menggunakan WhatsApp di iPhone, saat Anda melihat utas obrolan, ketuk nama kontak, lalu pilih Nada dering khusus.

5. Melihat dengan siapa kamu paling sering ngobrol

Apakah Anda ingin tahu siapa yang paling sering Anda ajak bicara di WhatsApp? 

Caranya buka aplikasi WhatsApp > tap titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih Setting > pilih Data and storage (Storage and data) > buka Manage storage (Manage storage) Setelah itu, daftar kontak yang akan mengirim pesan yang paling sering ditampilkan kepada Anda di WhatsApp. Anda juga dapat menyentuh setiap kontak untuk melihat detail lebih lanjut.

6. Matikan auto unduh media, bikin hemat penyimpanan

Umumnya dalam kelompok ada yang biasanya mengirim foto dan video. Untuk menyimpan data ponsel Anda dan juga tidak mengisi memori ponsel Anda, Anda harus menonaktifkan fungsi penyimpanan otomatis.

7. Ekspor percakapan

Anda dapat mengekspor percakapan jika Anda benar-benar perlu menyimpannya. Saat menonton percakapan, pengguna Android harus mengetuk tombol menu diikuti oleh Lainnya> Ekspor obrolan. Di iPhone, prosesnya mirip dengan melihat utas obrolan, menyentuh nama kontak di bagian atas layar, menggulir ke bagian bawah halaman Informasi Kontak, dan memilih Ekspor Obrolan.

8. Menghapus file dengan cepat

Mengirim foto dan video di WhatsApp akan mengisi penyimpanan internal ponsel dan dapat membuat ponsel menjadi lambat. Menghapusnya satu per satu dari setiap obrolan akan terlalu merepotkan. Saat Anda mengutip Pocketlint, Anda dapat dengan cepat menghapusnya melalui salah satu fitur WhatsApp yang kurang dikenal. 

Untuk melakukan ini, masuk ke aplikasi WhatsApp> Pengaturan> Pilih penyimpanan dan data> Kelola penyimpanan> Di bagian "Verifikasi dan hapus" Anda dapat menyentuh tab "Lebih besar dari 5 MB" atau "Diteruskan berkali-kali"> lalu pilih file yang akan dihapus, lalu hapus.